Deretan Event Perlombaan Burung Bergengsi

Selasa, 31 Januari 2023 - 17:44 WIB
loading...
Deretan Event Perlombaan Burung Bergengsi
Perlombaan burung adalah salah satu kegiatan yang cukup digemari masyarakat Indonesia. / Foto: ilustrasi/dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Perlombaan burung adalah salah satu kegiatan yang cukup digemari masyarakat Indonesia. Hampir seluruh wilayah di Indonesia mempunyai perlombaan burung tersendiri dan berhasil menarik minat masyarakat. Lantas, apa saja event lomba burung bergengsi di Indonesia? Berikut informasinya.

Piala Presiden

Siapa bilang Piala Presiden hanya digelar pada ranah olahraga, seperti sepakbola? Piala Presiden juga diperebutkan dalam perlombaan kicau burung .

Tentunya event ini sangat bergengsi karena mempertemukan kontestan dari seluruh wilayah Indonesia, demi memperebutkan Piala Presiden. Perlombaan ini dilakukan pada Maret 2018 di Kebun Raya Bogor. Berbagai sumber menyebut, ada 26 kelas untuk 10 jenis burung yang diperlombakan dengan total peserta mencapai ribuan orang.

Baca juga: Aturan Dasar dalam Perlombaan Burung Merpati

Tidak hanya masyarakat, Presiden Joko Widodo juga mengikutserakan burung peliharaannya dalam perlombaan untuk kategori burung murai batu. Akan tetapi, burung murai milik Jokowi belum berhasil memenangkan lomba. Padahal, dia merasa bahwa burung peliharaannya itu memiliki suara yang sangat merdu.

Pemenang lomba kicau burung Piala Presiden jatuh kepada Dedek Alamsyah asal Brebes. Sebelumnya, Jokowi mengutarakan bahwa akan membeli burung yang menjuarai perlombaan tersebut. Sayangnya, Dedek menolak untuk menjual burungnya kepada Jokowi.

Sejak perlombaan itu, burung murai batu menjadi perbincangan masyarakat luas. Burung jenis ini memang jenis burung kicau yang diminati oleh para pecinta burung. Jenis burung murai batu yang paling terkenal adalah murai batu nias ekor putih dan ekor hitam. Melansir Okezone, burung murai jenis ini mempunyai suara merdu dengan berbagai variasi nada. Selain itu, burung ini juga bisa menirukan beragam suara yang ada di sekitarnya.

Bupati Cup III Kulon Progo

Selanjutnya, ada perlombaan burung Bupati Cup III Kulon Progo. Kegiatan yang berlangsung pada Juli 2019 ini sangat bergengsi di tingkat nasional. Tujuan diadakannya lomba ini adalah untuk melestarikan burung berkicau dan memotivasi para penangkarnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5004 seconds (0.1#10.140)