Unik! Ada Sekolah Khusus untuk Burung Murai di Jogjakarta

Rabu, 01 Februari 2023 - 22:29 WIB
loading...
Unik! Ada Sekolah Khusus untuk Burung Murai di Jogjakarta
Di Jogjakarta terdapat sekolah khusus untuk burung murai. Bernama UTJ Murai Boarding School, sekolah ini berlokasi di Kapanewon Gamping, Sleman, Jogjakarta. Foto/Yohanes Demo
A A A
JOGJAKARTA - Di Jogjakarta terdapat sekolah khusus untuk burung murai . Bernama UTJ Murai Boarding School, sekolah unik ini berlokasi di Kapanewon Gamping, Sleman, Jogjakarta, Jawa Tengah.

Seperti sekolah pada umumnya, burung murai di tempat ini akan mendapatkan pelajaran agar piawai berkicau. UTJ Murai Boarding School didirikan oleh Rachmad Saleh yang mengawali idenya dari hobi memelihara burung kicau sejak kecil.

Kemudian di 2018, pria 24 tahun itu mulai memantapkan diri untuk membangun sekolah burung Murai setelah mendapatkan saran dari rekan sesama pecinta burung.

"Awalnya dulu waktu masih SD sering ikut om saya ke tempat lomba burung kicau. Terus kan sering menang juga, hadiahnya itu dikasihkan ke saya. Kan terus tuman (ketagihan), akhirnya pas saya SMP mulai beli burung," kata Saleh saat ditemui di UTJ Boarding School belum lama ini.

Sejak saat itu, Rachmad semakin intens melakukan interaksi dengan burung kicau, mulai dari memberikan makan, memandikan, melatih suara burung hingga merawat ketika burung kesayangannya diserang penyakit. Dengan pengalaman panjangnya itu menjadi modal dirinya mendirikan UTJ Murai Boarding School.



Sejak didirikan, pria yang akrab disapa Saleh UTJ ini mengaku bahwa di sekolah burung miliknya telah melahirkan puluhan bahkan ratusan burung Murai yang siap tempur di lapangan kicau. Tak sedikit pula, mantan-mantan murid burung Murai yang telah lulus pendidikan meraih juara dalam setiap perlombaan.

"Kalau sekarang ada sekitar 100 burung yang masih masa pendidikan. Biasanya dalam sebulan itu ada 10 sampai 20 burung baru. Kalau lama pendidikan di sini itu minimal 6 bulan, maksimal sampai burung bisa bagus kicauannya," jelas Saleh.

Tak jarang, burung-burung yang menjalani pendidikan berasal dari luar daerah bahkan luar pulau, seperti dari Jambi, Aceh, Palembang, Lampung, Medan, Banjarmasin, Samarinda hingga Balikpapan. Namun, Saleh menyebut jika paling banyak burung berasal dari Pulau Jawa terutama Jakarta.

"Hampir seluruh daerah pernah ke sini. Yang tidak ada itu cuma Papua, karena memang di sana tidak ada perlombaan burung kicau," ujar Saleh.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1830 seconds (10.55#12.26)