Ketahui Aturan Dasar Perlombaan Burung Kicau, Begini Caranya Agar Juara

Rabu, 01 Februari 2023 - 22:52 WIB
loading...
A A A
Sementara pada babak final, nilai maksimal untuk irama lagu adalah 38, volume suara 24 sedangkan fisik dan gaya 23. Untuk menilai burung kicau, biasanya juri kontrol sebanyak tiga kali. Pertama, juri mengontrol burung tersebut bunyi atau tidak. Kedua, juri memberi nilai awal. Pada penilaian ini, juri akan memberi nilai 37 hingga 37,5 untuk semua burung yang bunyi.



Sedangkan nilai 38 untuk burung yang sudah terlihat bagus pada irama lagu di babak final atau babak yang tidak melalui tahap penyisihan. Ketiga, juri mengontrol burung-burung yang mempunyai nilai 38 dengan membandingkan dan menentukan burung favorit. Setelah melalui pengontrolan yang terakhir, para juri berkumpul untuk berdiskusi serta menentukan juara.

Juara lomba burung untuk posisi juara 1, 2, dan 3, terlihat dari jumlah bendera terbanyak. Sementara itu, untuk peringkat 4-10, penentuannya berdasarkan perolehan jumlah nilai pada masing-masing kolom irama lagu. Nilai tertinggi mendapat gelar juara ke-4, dan seterusnya. Apabila terdapat kasus dengan perolehan nilai yang sama, misalnya enam burung memiliki kesamaan nilai, akan dilakukan undian.

Undian tersebut menandakan burung juara 5-10 ini mempunyai kualitas yang sama. Setiap perlombaan burung berkicau, biasanya diambil hingga 10 juara. Perlombaan burung juga memiliki hadiah yang diperebutkan, yang berbeda pada setiap kelas. Adapun hadiah yang diberikan berupa uang tunai, piagam atau sertifikat dan trofi.
(dra)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2473 seconds (0.1#10.140)