Tidak Hanya Lezat, Nanas Juga Memiliki Banyak Manfaat buat Kesehatan

Minggu, 05 Februari 2023 - 06:37 WIB
loading...
Tidak Hanya Lezat, Nanas Juga Memiliki Banyak Manfaat buat Kesehatan
Nanas merupakan buah tropis yang lezat dan sehat, karena berisi nutrisi antioksidan, dan senyawa yang bisa menangkal berbagai penyakit. / Foto: ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Buah nanas diketahui mengandung banyak manfaat bagi kesehatan. Selain itu, buah ini memiliki harga yang terjangkau, sehingga banyak masyarakat yang mampu untuk membelinya.

Buah yang memiliki sebutan ananas comosus ini merupakan buah tropis lezat dan sehat, berisi nutrisi antioksidan, dan senyawa yang bisa menangkal berbagai penyakit.

Apabila mengonsumsi nanas, lantas manfaat kesehatan apa sajakah yang bisa didapat? Berikut informasinya.

Baca juga: Benarkah Konsumsi Kedelai Bisa Menyembuhkan Kanker Payudara? Ini Faktanya

1. Mengandung Antioksidan

Buah nanas mengandung antioksidan, molekul yang membantu tubuh Anda menangkal stres oksidatif. Stres oksidatif disebabkan radikal bebas dan molekul tidak stabil yang menyebabkan kerusakan sel dalam tubuh.

Hal ini sering dikaitkan dengan peradangan kronis, melemahnya kesehatan kekebalan tubuh, penyakit jantung, diabetes, dan kanker tertentu. Manfaat nanas diungkap dalam dua studi tikus yang menunjukkan bahwa antioksidan nanas memiliki efek perlindungan jantung, meskipun penelitian manusia masih kurang memadai.

2. Melancarkan Pencernaan

Manfaat kedua dari nanas adalah melancarkan pencernaan. "Nanas adalah satu-satunya sumber makanan bromelain, kombinasi enzim yang mencerna protein," bunyi laporan WebMD.

Itu sebabnya nanas dapat berfungsi sebagai pelunak daging, dan bromelain mampu memecah protein dan melembutkan daging.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1615 seconds (0.1#10.140)