Tidak Hanya Lezat, Nanas Juga Memiliki Banyak Manfaat buat Kesehatan

Minggu, 05 Februari 2023 - 06:37 WIB
loading...
A A A
Salah satu studi tabung reaksi dalam Healthline menjelaskan, bromelain mengurangi penanda peradangan pada jaringan pencernaan, meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan.

3. Mengurangi Risiko Kanker

Salah satu manfaat buah nanas yakni mampu mengurangi risiko seseorang terkena kanker. Mengutip laman Healthline, kandungan bromelain disebut mampu membantu mengobati kanker yang sudah berkembang.

Dalam satu penelitian di Pubmed disebutkan bahwa antioksidan mengurangi terjadinya berbagai gangguan seperti penuaan, kanker, diabetes, peradangan, penyakit hati, penyakit kardiovaskular, katarak, serta nefrotoksisitas dan gangguan neurodegeneratif.

4. Meredakan Nyeri Sendi

Sifat antiinflamasi dari bromelain juga mampu meredakan nyeri bagi mereka yang menderita radang sendi. Satu studi menemukan bahwa suplemen bromelain sama efektifnya dalam meredakan osteoarthritis di punggung bawah sebagai pengobatan nyeri.

Buah nanas juga membantu saat mengalami infeksi, di antaranya sinusitis, atau cedera, seperti keseleo atau luka bakar. Nanas juga memiliki kadar vitamin C yang tinggi.

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Nanas mengandung berbagai macam vitamin, mineral, dan enzim seperti bromelain. Secara kolektif dapat meningkatkan kekebalan dan mengurangi peradangan.

Baca juga: Leukimia Dominasi Angka Kanker pada Anak, IDAI Ingatkan Pentingnya Jaga Gaya Hidup Sehat
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2019 seconds (0.1#10.140)