Studi Ungkap Penyintas Covid-19 Berisiko Terkena Diabetes Tipe 2, Begini Respons Kemenkes

Senin, 20 Februari 2023 - 17:10 WIB
loading...
Studi Ungkap Penyintas...
Sebuah studi dari Pusat Jantung Cedars-Smidt Sinai, Los Angeles, Amerika Serikat menyebutkan masyarakat penyintas Covid-19 akan berisiko lebih tinggi terkena diabetes tipe 2. Foto/Ilustrasi/Hospital Clinic Barcelona
A A A
JAKARTA - Baru-baru ini sebuah studi dari Pusat Jantung Cedars-Smidt Sinai, Los Angeles, Amerika Serikat menyebutkan masyarakat penyintas Covid-19 akan berisiko lebih tinggi terkena diabetes tipe 2 , yang merupakan penyebab utama penyakit kardiovaskular.

"Hasil kami memverifikasi bahwa risiko mengembangkan diabetes tipe 2 setelah infeksi Covid-19 bukan hanya pengamatan awal tetapi, faktanya, risiko nyata yang, sayangnya, bertahan selama era Omicron," kata penulis studi pertama dan korespondensi dan seorang dokter kardiovaskular di Smidt Heart Institute di Cedars-Sinai, Alan Kwan, MD, seperti dilansir dari Hindustan Times, Senin (20/2/2023).

Hasil studi tersebut menjelaskan tentang risiko gabungan diabetes tipe 2 setelah paparan Covid-19 terhitung untuk pasien yang divaksin dan tidak divaksinasi adalah 2,1%, dengan 70% terjadi setelah infeksi Covid-19 versus 30% terjadi sebelum paparan Covid-19.

Risiko diabetes tipe 2 setelah paparan Covid-19 untuk pasien yang tidak divaksinasi adalah 2,7%, dengan 74% terjadi setelah infeksi Covid-19 versus 26% terjadi sebelum paparan Covid-19.

Baca Juga: Benarkah Penyintas Covid-19 Berisiko Terkena Rematik Autoimun?
">

Dan risiko diabetes tipe 2 setelah paparan Covid-19 untuk pasien yang divaksinasi adalah 1,0%, dengan 51% terjadi setelah infeksi Covid-19 versus 49% terjadi sebelum paparan Covid-19.
Halaman :
Lihat Juga :
wa-channel
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Lanjut Baca Berita Terkait Lainnya
Berita Terkait
Lab Indonesia 2026 Perkuat...
Lab Indonesia 2026 Perkuat Ekosistem Riset dan Industri Berbasis Teknologi
Penelitian: Ubah Pola...
Penelitian: Ubah Pola Makan ke Diet Mediterania Bisa Tambah Umur Bertahun-Tahun
Orang dengan Genetik...
Orang dengan Genetik Ini Tidak Miliki Bau Badan
Gejala Diabetes yang...
Gejala Diabetes yang Sering Muncul Menjelang Waktu Makan Siang
Studi Ungkap Laki-Laki...
Studi Ungkap Laki-Laki dengan Buah Zakar Kecil Lebih Sayang Anak
FKUI Ungkap Fakta Terbaru...
FKUI Ungkap Fakta Terbaru Penyakit Celiac di Indonesia, Prevalensi hingga Pasien yang Berisiko Tinggi
Jelajahi 197 Negara,...
Jelajahi 197 Negara, Peneliti Temukan Kesederhanaan Jadi Kunci Kebahagiaan
AS Kenalkan Mikroskop...
AS Kenalkan Mikroskop dengan Resolusi Detail hingga yang Terkecil
Riset LAPI ITB: Konektivitas...
Riset LAPI ITB: Konektivitas Digital Dongkrak PDRB dan Serap 685 Ribu Tenaga Kerja
Rekomendasi
AS Tidak Cegat Rudal...
AS Tidak Cegat Rudal Iran yang Ditembakkan ke Israel
Gapasdap Dorong Pemerintah...
Gapasdap Dorong Pemerintah Perhatikan Nasib Angkutan Pelayaran Imbas Kenaikan Dolar AS
Jaga Kredibilitas Negara,...
Jaga Kredibilitas Negara, Pengamat Dukung Kejagung Usut Korupsi MBG
Berita Terkini
Sinopsis Disclosure...
Sinopsis Disclosure Day, Film Terbaru Steven Spielberg tentang Rahasia Alien yang Guncang Dunia
Richard Lee Ditahan...
Richard Lee Ditahan Kejati, Dokter Detektif: Bukti Sudah Lengkap dan Siap Diuji di Pengadilan
Luminary Heart Jadi...
Luminary Heart Jadi Andalan Isago x Nagita Slavina, Bisa Dipadukan untuk Berbagai Gaya
Isago Gandeng Nagita...
Isago Gandeng Nagita Slavina Luncurkan Koleksi Perhiasan Terbaru 'Love Everyday'
Awkarin Mangkir dari...
Awkarin Mangkir dari Panggilan Polisi Terkait Kasus Hanania Travel, Ini Penjelasan Polisi
PT GLI Bantah Giorgio...
PT GLI Bantah Giorgio Antonio CEO dan Pemilik Perusahaan, Ini Klarifikasi Lengkapnya!
Terpopuler
Infografis
Cara Mengubah Pola Makan...
Cara Mengubah Pola Makan untuk Penderita Diabetes Tipe 2
Copyright ©2026 SINDOnews.com All Rights Reserved