5 Kota yang Jadi Surga Kuliner di Indonesia, Lezat Menggoyang Lidah

Senin, 27 Februari 2023 - 12:10 WIB
loading...
A A A
4. Surabaya

5 Kota yang Jadi Surga Kuliner di Indonesia, Lezat Menggoyang Lidah

Foto/Endeustv

Surabaya menjadi salah satu kota di Indonesia yang menyimpan banyak kuliner legendaris yang wajib dicoba. Salah satunya yakni lontong balap, yakni kuliner yang terdiri dari lontong, tauge, lentho, tahu goreng, bawang goreng, kecap, hingga sambal. Lentho dan sambal inilah yang jadi pembeda lontong balap dengan kupat tahu pada umumnya.

Memiliki nuansa pecinan, ada juga banyak kuliner dengan perpaduan cita rasa Surabaya dengan makanan khas Tionghoa. Mulai dari kedai Bakwan Pak Di yang menjual bakso khas Surabaya, sate gule kambing, hingga berbagai macam olahan lainnya. Salah satu makanan unik dari tempat ini adalah pia di Toko Pia Kemenangan.



5. Medan


5 Kota yang Jadi Surga Kuliner di Indonesia, Lezat Menggoyang Lidah

Foto/Endeustv

Medan juga menjadi salah satu kota yang menjadi surga kuliner di Indonesia dan wajib dikunjungi. Orang asli Medan pasti sudah tidak asing dengan makanan seperti mie gomak yang biasa disajikan bersama kuah lontong atau dengan bumbu kacang.

Medan juga terkenal dengan lontong Medan yang biasa disantap untuk sarapan. Sajian ini terdiri dari lontong, mie, tauco, kuah sayur, bumbu kacang, dan kerupuk dan tambahan protein berupa telur atau ayam.

Salah satu restoran legendaris yang bisa Anda kunjungi di Medan di antaranya ada kari ayam di RM Tabona. Tempat ini tidak pernah sepi pengunjung, dan merasakan segarnya es krim tip top yang sudah eksis sejak zaman Belanda. Selanjutnya, oleh-oleh khas Medan adalah durian di Ucok Durian. Anda juga bisa mencoba membawa pulang kopi sidikalang yang jadi rajanya kopi di Sumatera.
(dra)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2917 seconds (0.1#10.140)