Menjajaki Asal-usul Gua Belanda Penuh Misteri, Jangan Sebut Kata Ini!

Kamis, 02 Maret 2023 - 20:01 WIB
loading...
Menjajaki Asal-usul Gua Belanda Penuh Misteri, Jangan Sebut Kata Ini!
Bandung adalah salah satu kota di Indonesia yang identik dengan segala hal tentang Hindia Belanda. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Bandung adalah salah satu kota di Indonesia yang identik dengan segala hal tentang Hindia Belanda. Banyak orang Belanda dan Eropa lainnya yang memilih tempat tinggal atau villa di kawasan utara Bandung sebagai tempat singgah sementara.

Oleh karena itu kawasan Bandung memiliki fasilitas masyarakat yang memiliki bentuk bangunan Eropa yang autentik. Tidak hanya bangunan dan fasilitas masyarakat saja, Bandung juga memiliki beragam tempat wisata yang memiliki sejarah zaman penjajahan.

Salah satunya adalah Gua penuh misteri di kawasan Bandung Utara, tepatnya di daerah Dago Pakar, Taman Hutan Raya Juanda, Ciburial, Kec. Cimenyan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Gua ini dikenal dengan sebutan Gua Belanda . Bangunan ini sudah berdiri sejak ratusan tahun lamanya. Awalnya bangunan ini dibangun untuk mendukung Pembangkit Listrik Tenaga Air yang dialiri dari Sungai Cikapundung .



Namun, pada zaman penjajahan, gua ini beralih fungsi menjadi fasilitas militer. Mengingat lokasinya yang lebih tersembunyi gua ini dipergunakan para tentara Belanda untuk menyusun strategi perlawanan serta sebagai pusat komunikasi melalui stasiun radio.

Selain itu, Gua belanda juga memiliki kisah tragis di masa lalu, karena didalamnya terdapat bekas sel tahanan yang digunakan untuk memenjarakan warga pribumi sebagai tawanan perang.

Menjajaki Asal-usul Gua Belanda Penuh Misteri, Jangan Sebut Kata Ini!

Source : Roov.id

Kisah tragis tersebut menimbulkan kesan seram dan angker pada tempat wisata di Kota Bandung ini. Tempat ini sering kali didatangi penjelajah mistis untuk menguji nyali. Keadaan gua yang gelap, lembab dan tidak banyak direnovasi membuat tempat ini makin terkesan horor.

Apalagi setelah mengetahui bahwa gua ini dulunya adalah tempat banyaknya kematian dan penyiksaan, membuat para penggemar kisah mistis semakin tertantang untuk mendatangi tempat tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2207 seconds (0.1#10.140)