Bunga Edelweis Rawa di Ranca Upas Rusak Parah Dilindas Komunitas Motor Trail, Netizen Kesal

Rabu, 08 Maret 2023 - 11:38 WIB
loading...
A A A
"Maaf, ya, ini acara event mau klarifikasi saja sedikit biar nggak salah paham, soalnya sebagian yang nggak ngerti suka komen yang aneh-aneh. Kami para offroader itu semua resmi nggak ada yang ilegal, ya. Dan itu acara resmi, diadakan sama panitia dan kami juga bayar pendaftaran. Jadi, jangan sampai ada yang bilang ngerusak alam, lahan perkebunan, hutan, sawah, dan lain-lain," ungkap salah seorang peserta offroad Ranca Upas 5 Maret 2023.

"Kami para offroader tinggal ngegas di jalur yang sudah disediakan sama panitia acara," lanjutnya.

Netizen Kesal Bunga Edelweis Rawa Rusak Parah

Gara-gara acara ini, bunga edelweis rawa yang sebelumnya tumbuh subur di habitatnya, rusak tidak karuan. Tak ada yang bisa jamin juga bahwa lokasi habitat akan subur kembali.

Karena itu, banyak netizen murka dan mengecam keras para pihak yang terlibat dalam kegiatan Ranca Upas 5 Maret 2023.

"Sampah masyarakat," komentar @rio_son_of*****.

"Saya sakit hati melihat ini, asli," timpal @sundastru****.

"Aku pengendara motor trail juga, tapi bukan masuk komunitas, karena sadar banget komunitas motor trail itu sampah betul. Kerjaannya ngetrail berkelompok ngerusak mata air di pegunungan, ngerusak kebun orang. Idih najis betul sama yang begitu pada," beber @kebonhejo******.

"Dampak kerusakannya cukup masif. (Apa yang dilakukan) hanya ajang pemuasan ego sekelompok 'dickhead'. Risiko bencana hydrology ketika musim hujan di depan mata," kata @890_il***.

"Sudah merusak, ketahuan, cuma minta maaf ala kadarnya, tapi sama sekali gak diberi sanksi atau pelajaran. Bisa dipastikan mereka bakal ngulang lagi di tempat lain. Komunitas gak guna gini selalu butuh pemuas ego," tulis @ems****.

"Jangankan tanaman edelweis, kebun sampai sawah orang yang jelas-jelas di situ hak orang lain saja sering mereka rusak. Sudah gak kehitung juga jalur di wilayah perbukitan yang rusak parah karena kelakuan mereka dan mereka selalu punya pembenaran bodoh versi mereka sendiri. Gak guna emang," papar @nextjack****.
(tsa)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1187 seconds (0.1#10.140)