Indonesian Youth SDGs Summit 2023 Berhasil Ajak Ratusan Pemuda Indonesia untuk Merealisasikan SDGs

Senin, 13 Maret 2023 - 13:55 WIB
loading...
Indonesian Youth SDGs Summit 2023 Berhasil Ajak Ratusan Pemuda Indonesia untuk Merealisasikan SDGs
Indonesian Youth SDGs Summit 2023 (IYSDGs) berhasil menyelenggarakan summit nasional di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Jakarta Pusat. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Indonesian Youth SDGs Summit 2023 (IYSDGs) berhasil menyelenggarakan summit nasional di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia , Jakarta Pusat dan mencapai lebih dari 200 pendaftar yang didominasi oleh anak muda Indonesia.

Berkolaborasi dengan banyak komunitas anak muda, seperti Youthopia, Rumah Energi, Greenwelfare, Greeneration Foundation, I Love Energi Surya, Kreen.id, Rise Foundation, Ecodeen, International Association for Public Participation Indonesia, dan masih banyak lagi.

Indonesian Youth SDGs Summit 2023 berhasil menjadi wadah bagi anak muda Indonesia untuk berupaya merealisasikan Sustainable Development Goals (SDGs). Lebih dari itu, acara Indonesian Youth SDGs Summit 2022 ini pun mendapat dukungan dari Kelompok Usaha Bakrie (KUB), Multi Kontrol Nusantara dan Bakrie Global serta TV One, VIVA, dan ANTV.

Mengangkat tema “Combating Our Climate Crisis And Greener Future ”, pembukaan acara dimulai dengan sambutan oleh Wakil Rektor Universitas Bakrie, Muhammad Tri Andika Kurniawan S.SOS.,M.A dan dilanjut oleh Valerie Julliand selaku UN Resident Coordinator Indonesia. Beliau menyampaikan bahwa, generasi muda harus membawa perubahan khususnya terhadap perubahan iklim karena generasi mudalah yang bisa membawa gerakan lebih terhadap perubahan.



Kemudian, dilanjut oleh Dr. Vivi Yulaswati, M. Sc selaku Kepala Sekretariat Nasional TPB/SDGs Indonesia, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional RI/Bappenas yang mengatakan bahwa SDGs diharapkan bisa menjadi agenda bersama dari berbagai unsur masyarakat.

Anindya Novyan Bakrie, selaku Presiden Direktur Bakrie & Brothers, juga turut menyatakan kebanggaan beliau terhadap Mahasiswa Bakrie selalu inisiator dari IYSDGs 2023, sekaligus dalam mendorong upaya anak muda dalam merealisasikan SDGs. Special remarks diakhiri oleh M.Tatika Nur Rahmania. S.IP.M.Si., beliau mengapresiasi penyelenggara Indonesian Youth SDGs Summit 2023 yang membantu meningkatkan awareness SDGs dalam mencapai zero goals, khususnya pada isu lingkungan yang merupakan isu sentral.

Sesi pertama IYSDGS 2023 dibuka dengan topik SDGs ke 13, “Combating Our Climate Crisis”. Sesi pertama dimeriahkan dengan tiga narasumber yaitu, IR. Laksmi Dhewanti MA.IPU selaku Direktur Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, Rachmatullah Muhammad S.HUT.,M.SI,C.EIA selaku Auditor Lingkungan, dan Andri Akbar Marthen, SH, LL. M selaku Direktur Penelitian dari Indonesia Research Institute for Decarbonization (IRID).

Sesi tersebut mengupas tuntas tentang kondisi iklim di Indonesia serta solusi yang ditawarkan oleh instansi-instansi pemerintahan. Mengutip dari Ibu IR. Laksmi Dhewanti MA. IPU, beliau mengatakan bahwa pemerintah membutuhkan dukungan banyak orang khususnya dari anak muda untuk mengupayakan perubahan khususnya di bidang iklim.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1556 seconds (0.1#10.140)