5 Komunitas Tertua di Dunia, Nomor 3 Gangster yang Berdiri Sejak 1602

Senin, 13 Maret 2023 - 17:11 WIB
loading...
A A A
Saat ini, Philadelphia Bar Association memiliki 12 ibu anggota. Demi mendanai beragam program di Philadelphia Bar Association, komunitas ini membentuk Philadelphia Bar Foundation.

3. Yakuza
5 Komunitas Tertua di Dunia, Nomor 3 Gangster yang Berdiri Sejak 1602

Siapa yang tak kenal Yakuza? Komunitas gangster asal Jepang ini sudah sangat terkenal sejak ratusan tahun lalu. Tak ada sumber pasti yang menyebut kapan kelompok ini berdiri, namun sebagian besar mengatakan bahwa Yakuza dibentuk pada sekitar tahun 1602-1603.

Sejarah Yakuza juga tidak disebutkan secara detail. Namun, laman Britannica menyebut bahwa Yakuza awalnya diisi oleh kumpulan ronin atau samurai tak bertuan yang berubah menjadi bandit.

Yakuza dapat dikatakan sebagai salah satu kelompok mafia kejam dan terorganisir di dunia. Anggota Yakuza pada umumnya melakukan ritual tradisional Jepang seperti samurai dan memiliki tato di tubuhnya. Anggota Yakuza terlibat atau bahkan menjadi dalang sederet tindak kriminal seperti judi dan perampokan.

Bukan sembarangan, anggota Yakuza umumnya terdiri dari pengusaha sukses yang menjalankan perusahaan angkutan, pabrik, dan armada lainnya di Jepang hingga luar Jepang. Pada awal era 1960-an, Yakuza diprediksi memiliki anggota hingga 184 ribu.

4. League of American Wheelmen
5 Komunitas Tertua di Dunia, Nomor 3 Gangster yang Berdiri Sejak 1602

League of American Wheelmen atau komunitas sepeda Amerika didirikan oleh seorang pekerja Pope Manufacturing Company dan pemilik depot sepeda tertua di New York, Elliot Mason, pada 30 Mei 1880. Mason mendirikan komunitas tersebut di Newport, Pulau Rhode. Diketahui, komunitas besar itu diisi oleh 150 pengendara sepeda dari 32 klub berbeda.

Fokus utama komunitas pecinta sepeda itu adalah untuk menggaungkan pentingnya bersepeda dan melindungi hak-hak para pengguna sepeda. Para anggota juga berusaha semaksimal mungkin untuk rutin melakukan tur.

Pada tahun 1899, tercatat sudah 800 klub sepeda yang bergabung. Selain mendirikan komunitas sepeda, Mason juga mendirikan klub sepeda motor bernama Yonkers Motorcycle Club pada Maret 1903.

5. San Francisco Motorcycle Club
5 Komunitas Tertua di Dunia, Nomor 3 Gangster yang Berdiri Sejak 1602

SFMC atau San Francisco Motorcycle Club berdiri pada November 1904. Menjadi salah satu klub motor tertua di dunia, SFMC sangat terkenal. Melansir laman resminya, SFMC didirikan di sebuah bengkel bernama Thor Motorcycle dan dihadiri oleh 12 anggota, seperti James Tormey, George Payton, C.C ‘Daddy’ Hopkins, Joe Holle, dan Harry Rockwell.

Di usianya yang ke-6, klub motor ini mulai menerima anggota wanita. Bukan hanya sebagai anggota, namun kaum wanita juga diberikan kesempatan untuk memberikan suaranya dan berekspresi secara bebas di dalam klub. Pada tahun 1911, anggota SFMC tercatat sebanyak 500 orang, termasuk Wali Kota San Francisco PH McCarthy.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1227 seconds (0.1#10.140)