Ini Dia! Cara Bikin 'Dendeng Jantung Pisang' buat Obati Ispa

Kamis, 15 Oktober 2015 - 01:22 WIB
Ini Dia! Cara Bikin Dendeng Jantung Pisang buat Obati Ispa
Ini Dia! Cara Bikin 'Dendeng Jantung Pisang' buat Obati Ispa
A A A
PADANG - Bagi sebagian orang jantung pisang dianggap tidak berharga dan menjadi sampah. Padahal jantung pisang bisa diolah menjadi aneka hidangan yang lezat dan mengandung manfaat yang luar biasa bagi kesehatan.

Salah satunya adalah dendeng jantung pisang. Makanan ini konon berkhasiat untuk penderita penyakit Ispa (Infeksi saluran napas atas) dan jantung. Makanan inipun sudah menjadi oleh-oleh khas jika berkunjung ke Kota Padang, Sumatera Barat.

Basrizal dan istrinya, merupakan salah satu pengusaha makanan dendeng jantung pisang rumahan di Kota Padang.

Berlokasi di Jalan Mestika, Pengambiran, Kecamatan Lubuk Begalung, Kota Padang, Sumatera Barat. Suami Istri ini sudah selama dua tahun terakhir menggeluti bisnis makanan ‘Dendeng Jantung Pisang’ dirumahnya.

Jika Anda tertarik mencoba membuatnya di rumah sendiri. Apalagi untuk mengantisipasi penyakit Ispa, sehubungan dengan kabut asap tebal yang terus menyelimuti beberapa provinsi di Indonesia.

Berikut ini resep pengolahan jantung pisang menjadi dendeng.

1. Jantung pisang yang sudah dibersihkan direbus di dalam dandang hingga empuk.

2. Kemudian jantung pisang dihaluskan dengan cara ditumbuk dengan menggunakan alat tradisional, yakni didalam lumbung dengan menggunakan alu.

3. Beri campuran sedikit bumbu (ketumbar, bawang merah, bawang putih, gula merah) dan tepung. Bisa ditambahkan dengan variasi ikan teri (bagi yang non vegetarian).

4. Setelah halus, dinginkan hingga mengeras.

5. Setelah mengeras, dipotong tipis dan merata hingga berbentuk seperti potongan daging.

6. Dan jantung pisang pun siap digoreng hingga berwarna kecoklatan dan gurih. Dendeng Jantung Pisang pun siap disajikan.

*Untuk 15 kilogram jantung pisang, bisa menghasilkan 5 kilogram dendeng.

*Dalam satu harinya, Basrizal bisa mengolah hingga 15 kilogram dendeng jantung pisang untuk dipasarkan ke toko oleh-oleh dan makanan di Kota Padang.

*Konon, dendeng jantung pisang ini berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit Ispa dan jantung, serta menambah ASI bagi ibu-ibu yang sedang menyusui.

*Dan bagi Anda yang memiliki penyakit kolesterol, jangan khawatir untuk bisa menyantap makanan ini. Karena terbuat dari sayur-sayuran dan memiliki antioksidan tinggi, sehingga aman bagi penderita kolesterol.

Nah, jika Anda tengah berkunjung ke Kota Padang. Dendeng jantung pisang ini bisa menjadi oleh-oleh khas dari Kota Padang, dengan hanya mengeluarkan Rp 12 ribu per bungkusnya.
(sbn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1440 seconds (0.1#10.140)