4 Asupan Makanan dan Minuman Sahur Agar Kuat Puasa, Nomor 3 Jadi Cadangan Energi

Kamis, 23 Maret 2023 - 12:54 WIB
loading...
A A A
Tak melulu harus air putih, Anda juga bisa mengonsumsi minuman elektrolit. Kandungan ion dalam minuman elektrolit membantu mengikat cairan sehingga bertahan lebih lama dalam tubuh.

3. Protein

Asupan protein berfungsi memperkuat sistem kekebalan tubuh serta membantu memperbaiki dan membangun jaringan tubuh. Normalnya, tubuh membutuhkan 10–35 persen kalori harian dalam bentuk protein.

Saat sahur, Anda bisa memenuhi kebutuhan asupan ini dari daging tanpa lemak, ayam, ikan, telur, susu, yogurt, keju, tempe, tahu, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Mengonsumsi makanan yang tinggi protein juga akan mendapatkan cadangan energi yang memadai sehingga membuat kenyang lebih lama. Dengan cadangan energi itu, Anda pun tidak akan cepat merasa lemas atau lesu saat menjalani ibadah puasa.

4. Lemak dan karbohidrat kompleks

Lemak juga bisa memberi efek kenyang yang lebih lama jika dikonsumsi dengan takaran yang tepat. Namun, tak semua lemak aman untuk dikonsumsi. Hanya lemak sehat alias lemak tak jenuh yang aman untuk dikonsumsi.

Anda bisa mengonsumsi susu, yoghurt, alpukat, dan minyak ikan sebagai asupan lemak sehat Anda selama sahur.

Tak lupa, Anda juga bisa mengonsumsi makanan mengandung karbohidrat kompleks saat sahur. Tidak hanya memberi rasa kenyang yang lebih lama, karbohidrat kompleks juga memberi energi tubuh.
(hri)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1189 seconds (0.1#10.140)