Tambah Perkasa di Ranjang dengan Senam Kegel Pria

Minggu, 22 November 2015 - 06:30 WIB
Tambah Perkasa di Ranjang dengan Senam Kegel Pria
Tambah Perkasa di Ranjang dengan Senam Kegel Pria
A A A
JAKARTA - Mungkin Anda pernah mendengar tentang kegel sebagai latihan yang membantu wanita mengencangkan Miss V mereka pascapersalinan. Namun tahukah anda bahwa bukan hanya wanita yang bisa mendapatkan manfaat dari latihan kegel?

Pria pun bisa mendapatkan manfaat dari latihan kegel. Nah, seperti apakah kegel pria itu? Bagaimana cara melakukannya? Seberapa sering latihan ini perlu dilakukan? Apakah manfaatnya?

Apakah Latihan Kegel untuk Pria Itu?

Kegel ditemukan oleh Dr Arnold Kegel pada tahun 1940 untuk membantu wanita mengencangkan Miss V mereka pascapersalinan. Di kemudian hari, latihan ini ternyata bisa dilakukan kaum pria dan memberikan manfaat bagi para praktisinya.

Latihan kegel untuk pria merupakan cara yang bagus untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan serta meningkatkan kekerasan Mr.P, sekaligus meningkatkan kemampuan pria untuk bertahan lebih lama di tempat tidur. Sama halnya dengan latihan kegel pada wanita, kegel untuk pria memiliki satu tujuan utama, yaitu memperkuat otot pubococcygeus (PC) yang juga dikenal sebagai otot dasar panggul.

Otot ini sangat mirip baik pada pria maupun wanita, karena membentang dari tulang ekor sampai ke tulang kemaluan, membuat lantai otot yang berbentuk mirip hammock atau tempat tidur gantung. Otot-otot PC ini mendukung organ panggul dan membantu fungsi otot-otot sfingter (otot-otot berbentuk mirip cincin yang mengelilingi dan mampu mengontraksi atau menutup bukaan pada tubuh).

Kegel merupakan latihan yang benar-benar mengontraksi dan memperkuat otot-otot rangka yang nyata, yaitu otot-otot dasar panggul. Ini yang membuatnya berbeda dengan banyak tipe latihan Mr.P yang ada.

Apa Manfaat Latihan Kegel untuk Pria?
Kegel untuk Pria

Bagi pria maupun wanita yang ingin meningkatkan kehidupan seks mereka, latihan kegel sama bermanfaatnya. Namun dengan satu dan lain alasan, kebanyakan pria melewatkan latihan kegel karena menganggapnya sebagai satu-satunya latihan Mr.P yang tidak secara langsung dapat memperbesar ukuran Mr.P.

Meskipun demikian latihan kegel untuk pria memiliki banyak manfaat lain yang diantaranya adalah mampu mengatasi masalah-masalah pada Mr.P maupun dapat memperbesar ukurannya secara tidak langsung. Manfaat selengkapnya latihan kegel ini meliputi:
1. Otot-otot dasar panggul yang lebih sehat berkat latihan kegel memungkinkan ereksi yang lebih tegak (sudut ereksi yang meningkat)
2. Latihan kegel akan membantu Anda memiliki ereksi yang lebih keras dan bertahan lebih lama, berkat perbaikan aliran darah di Mr.P
3. Latihan kegel akan membantu Anda meningkatkan kekuatan dan volume ejakulasi, memberikan Anda orgasme yang lebih eksplosif
4. Kegel secara tidak langsung memperbesar Mr.P, melalui peningkatan aliran darah di Mr.P
5. Latihan kegel dapat membantu Anda mengontrol kemampuan Anda untuk orgasme, dan memberikan Anda stamina seksual yang lebih besar
6. Latihan kegel dapat membantu menyembuhkan inkontinensia, karena yang Anda latih adalah adalah otot yang sama yang mendukung dan mengendalikan kandung kemih Anda
7. Banyak pria melaporkan bahwa setelah melakukan kegel, untuk sementara mereka tidak lagi harus bangun di tengah malam untuk pergi ke kamar mandi seperti sebelumnya
8. Latihan kegel dapat membantu Anda memiliki prostat yang sehat. Kegel dapat digunakan dalam pengobatan nyeri prostat dan bengkak yang diakibatkan oleh benign prostatic hyperplasia (BPH)
9. Latihan kegel juga digunakan untuk pengobatan nyeri prostat dan bengkak akibat prostatitis atau radang prostat.
10. Latihan kegel dapat mencegah prolaps organ panggul.

Banyak dokter, terapis seksual, dan sejumlah website menyebut latihan kegel untuk pria sebagai Sexercise karena semua manfaat yang dapat diberikannya. Dan itu benar. Dengan semua manfaat ini, setiap pria seharusnya berlatih Kegel setiap hari.

Bagaimana pria melakukan latihan kegel?
Ada alasannya mengapa kegel merupakan latihan yang bagus untuk Mr.P Anda. Bukan sekedar karena latihan ini dapat memberikan semua manfaat yang kita bicarakan di atas, namun lebih dari itu, mereka mudah dilakukan dan Anda dapat melakukannya hampir di mana saja. Orang bahkan tidak akan tahu bahwa Anda tengah melakukannya!

Sebelum Anda memulai latihan kegel, tentu saja anda harus menemukan Otot dasar panggul Anda. Menemukan otot dasar panggul itu sebenarnya mudah. Pada saat Anda buang air kecil, iseng-iseng cobalah untuk menghentikan atau memperlambat aliran air seni anda.

Otot-otot yang anda gunakan untuk menghentikan aliran air seni tersebut adalah otot dasar panggul Anda. Tanpa menegangkan otot-otot kaki, perut atau pantat anda, fokuslah untuk mengangkat seluruh dasar panggul Anda ke atas.

Yang paling penting, teruslah bernapas selama kontraksi otot dasar panggul Anda. Jika Anda berhasil menghentikan atau memperlambat air seni Anda saat mengalir, maka artinya Anda baru saja berhasil menemukan dan mengontraksi otot dasar panggul Anda!

Jika Anda mengalami kesulitan menemukannya, cobalah membayangkan bahwa otot yang anda cari adalah kumpulan otot-otot yang sama dengan otot yang Anda gunakan untuk mengencangkan anus Anda. Sekarang Anda siap untuk melakukan kegel. Ingatlah 4 tahap utama latihan kegel sebagai: kontraksi – tahan – lepas – ulangi!

1. Kontraksikan otot dasar panggul Anda
Ketika siap untuk melakukan latihan kegel pria, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah kontraksikan otot-otot dasar panggul Anda.

2. Menahan kontraksi kegel
Tahan kontraksi selama Anda mampu. Pada awalnya, kebanyakan pria tidak bisa mampu menahan kontraksi Kegel lebih dari beberapa detik. Beberapa pria mungkin tidak mampu menahan sama sekali.

Itu tidak masalah, ada banyak variasi latihan untuk peregangan dan penguatan Mr.P yang bisa memperbaiki kondisi ini. Buatlah catatan mengenai berapa lama Anda bisa menahan Kegel.

3. Lepaskan kontraksi kegel dan ulangi
Lepaskan remasan, dan ulangi sebanyak 10 kali. Secara bertahap tingkatkan Kegel Anda sampai Anda dapat menahan setiap kontraksi selama 10 detik.

Jika Anda melakukan latihan kegel dengan benar, Anda seharusnya mampu melihat atau merasakan testis Anda terangkat. Untuk beberapa orang, ini membutuhkan waktu. Namun jika Anda berlatih secara rutin dan teratur, semestinya Anda akan melihat peningkatan kekuatan otot dasar panggul Anda dalam 4—6 pekan.

Hal terbaik tentang kegel adalah bahwa latihan ini tidak memerlukan bantuan tangan atau kaki Anda. Pria dapat melakukan latihan kegel dimana saja, kapan saja—baik di dalam mobil, sambil menonton TV, berdiri dalam antrean di department store, atau bahkan saat Anda sedang bekerja.

Seberapa Seringkah Harus Berlatih Kegel?
Kegel untuk Pria

Seperti halnya latihan-latihan yang lain, adalah lebih baik bagi Anda untuk memulai latihan ini secara perlahan serta membangun rutinitas. Berikut adalah rekomendasi untuk memulai kegeling guna mendapatkan kesehatan seksual yang lebih baik.

1. Selama beberapa pekan pertama
Lakukan 50 kegel setiap hari. Setiap kegel harus dikontraksikan selama satu sampai lima detik, tergantung pada kekuatan otot dasar panggul Anda. Pertama kali Anda melakukan kegel, mungkin tidak akan bertahan lebih lama dari satu atau dua detik. Dengan lebih banyak latihan dan pengalaman, otot PC Anda akan menjadi lebih kuat dan Kegel Anda akan bertahan lebih lama.

2. Seiring waktu
Secara bertahap cobalah memasukkan lebih banyak latihan kegel dalam rutinitas Anda. Lakukanlah 5—10 menit sehari, empat hari seminggu.

Seharusnya ini mudah dilakukan karena Anda bisa melakukan latihan kegel di mana pun dan kapan pun. Sebagai contoh, banyak praktisi kegel yang memasukkannya sebagai bagian dari aktivitas pagi hari mereka sebelum bekerja, Dan ahirnya, setelah anda sudah cukup banyak berlatih, cobalah untuk menahan kegel Anda selama mungkin saat latihan.

Bisakah latihan kegel membantu kemampuan multi-orgasme?
Tentu bisa. Hal ini telah saya singgung dalam tulisan saya sebelumnya. Latihan kegel dapat membantu pria untuk memiliki kemampuan multi-orgasme.

Setelah otot dasar panggul Anda kuat, maka Anda akan memiliki kemampuan untuk menahan diri dari ejakulasi. Untuk melakukan ini, Anda harus mampu melakukan kontraksi Kegel dengan rapat selama sekurangnya 10 detik.

Setelah Anda mampu melakukannya, cobalah metode berikut untuk menunda ejakulasi:
1. Lakukan kegel tepat sebelum anda mencapai point of no return (suatu titik ketika cairan semen mulai bergerak melalui Mr.P Anda dan ejakulasi tidak bisa dihindari).
2. Tahan kontraksi selama kira-kira 10 detik atau lebih.
3. Setelah dorongan untuk ejakulasi telah hilang, barulah lepaskan Kegel.

Bagian yang sulit adalah membangun otot dasar panggul Anda sehingga cukup kuat untuk menahan tekanan dari ejakulasi serta menentukan timing yang tepat untuk melakukan kegel. Oleh karena itu, proses untuk mempelajarinya bisa memerlukan waktu mulai dari beberapa minggu sampai beberapa bulan bahkan bertahun-tahun. Tentu saja tetap layak untuk dipelajari karena hasil akhir yang Anda peroleh akan setimpal dengan semua kesulitan yang mendahuluinya.

Berikut beberapa tips latihan kegel untuk pria

1. Latihan Kegel bersamaan dengan latihan Mr.P yang lain. Berlatih kegel bersamaan dengan melakukan latihan lain yang dikhususkan untuk Mr.P—seperti peregangan (stretching) atau jelqing (gerakan seperti memerah)—akan memicu lebih banyak aliran darah ke Mr.P. Pada gilirannya, hal ini seringkali akan meningkatkan efektivitas masing-masing latihan. Jadi begitu Anda telah memahami latihan kegel, Anda dapat menggabungkannya dengan latihan lain.

2. Latihan kegels tidak hanya untuk laki-laki: kegels dapat dilakukan oleh laki-laki dan wanita. Ajarkan pasangan Anda untuk melakukan kegels, dan dapatkan lebih banyak lagi kesenangan dalam pengalaman seksual Anda berdua.

Jika si wanita melakukan kegel dengan meremas otot dasar panggulnya selama melakukan hubungan seksual, maka Miss V yang mengencang tentu akan meningkatkan kesenangan bagi keduanya. Miss V yang kencang bertemu dengan Mr.P yang mampu ereksi lebih keras tentunya akan menjadi pengalaman yang dahsyat.

3. Senam kegel untuk pria dan ejakulasi dini: "Aduh, kok terlalu cepat ya… Apa yang sudah saya lakukan?”

Beberapa pria menemukan diri mereka ejakulasi lebih cepat dari biasanya ketika mereka pertama kali mulai melakukan kegel. Jika ini terjadi pada Anda, pastikanlah bahwa Anda memposisikan otot PC Anda secara rileks saat berhubungan seks.

Banyak pria praktisi latihan yang mendapati bahwa setelah mereka belajar bagaimana melakukan latihan kegel, mereka secara tidak sadar melakukan kegal saat berhubungan seks. Ini akan cepat menguras tenaga otot-otot dasar panggul.

Efek samping latihan kegel ini biasanya hanya berlangsung dalam waktu beberapa pekan—dan Anda justru akan dapat bertahan lebih lama di ranjang begitu Anda mampu mengatasinya. Dengan memiliki otot dasar panggul yang lebih kuat berkat latihan kegel, maka akan semakin mudah bagi Anda untuk menahan diri dari ejakulasi.

Mungkinkah terjadi overtraining untuk pria yang berlatih kegel?
Kegel untuk Pria

Seperti halnya semua latihan yang dikhususkan untuk Mr.P, Anda pasti tidak ingin overtraining. Mungkin pada awalnya Anda akan tergoda untuk melakukan sebanyak yang Anda mampu, dengan harapan bisa memperoleh hasil yang lebih cepat. Namun dengan cara ini biasanya justru kontraproduktif.

Analogi dengan binaragawan yang berlebihan melatih otot mereka hingga menyakiti atau melukai diri mereka sendiri dan justru tidak mampu melanjutkan berlatih, Kegel pun mirip seperti itu. Dengan berlatih berlebihan, maka kerusakan yang Anda rasakan akan lebih banyak daripada manfaatnya.

Dengarkan tubuh Anda. Berikan waktu bagi tubuh Anda untuk menyembuhkan dan memulihkan diri. Majulah secara perlahan-lahan dan Anda akan menuai semua manfaat ditawarkan oleh latihan kegel.

Mulailah latihan, Anda tidak perlu ke gym untuk menjadi perkasa. Dalam beberapa pekan mendatang lihatlah kejutan apa yang bisa anda berikan kepada pasangan tercinta.

Ainita
Ainita
Instruktur Sex Exercise
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8119 seconds (0.1#10.140)