Mau Dapat Tidur Berkualitas? Bisa dengan Atur Pola Asupan dan Konsumsilah 5 Makanan Minuman Ini

Minggu, 09 April 2023 - 19:31 WIB
loading...
Mau Dapat Tidur Berkualitas? Bisa dengan Atur Pola Asupan dan Konsumsilah 5 Makanan Minuman Ini
Mengonsumsi almond secara teratur dikaitkan dengan penurunan risiko beberapa penyakit kronis, seperti diabetes tipe 2 dan jantung. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Tidur nyenyak sangat penting bagi kesehatan tubuh. Hal ini dapat mengurangi risiko Anda terkena penyakit kronis tertentu, menjaga otak tetap sehat, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Kita umumnya disarankan untuk tidur 7 hingga 9 jam tanpa gangguan setiap malam. Namun, tak semua orang bisa mendapatkan jam tidur selama itu.

Meski demikian, tetap ada banyak strategi yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan tidur yang baik. Termasuk mengubah pola makan, karena beberapa makanan dan minuman diketahui memiliki khasiat untuk meningkatkan kualitas tidur.



Berikut lima makanan dan minuman terbaik yang bisa dikonsumsi sebelum terlelap untuk meningkatkan kualitas tidur, dikutip dari Healthline pada Minggu (9/4/2023).

1. Almond

Almond merupakan sumber nutrisi yang sangat baik, karena dalam 28 gram kacang panggang kering mengandung 18% kebutuhan harian orang dewasa akan fosfor dan 23% untuk riboflavin.

Mengonsumsi almond secara teratur dikaitkan dengan penurunan risiko beberapa penyakit kronis, seperti diabetes tipe 2 dan jantung. Hal ini dikaitkan dengan lemak tak jenuh tunggal yang sehat, serat, dan antioksidan. Antioksidan dapat melindungi sel dari peradangan berbahaya yang dapat menyebabkan penyakit kronis.

2. Kalkun

Kalkun memiliki protein yang tinggi, di mana protein penting untuk menjaga otot Anda kuat dan mengatur nafsu makan. Selain itu, kalkun adalah sumber sederhana dari beberapa vitamin serta mineral, seperti riboflavin dan fosfor.

3. Teh Chamomile

Teh chamomile adalah teh herbal yang menawarkan berbagai manfaat kesehatan. Teh ini terkenal dengan flavonnya. Flavon adalah kelas antioksidan yang dapat mengurangi peradangan yang sering menyebabkan penyakit kronis, seperti kanker dan jantung.

Ada juga beberapa bukti bahwa minum teh chamomile dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi kecemasan dan depresi, serta meningkatkan kesehatan kulit. Selain itu, teh chamomile memiliki beberapa khasiat unik yang dapat meningkatkan kualitas tidur.


4. Kiwi

Kiwi adalah buah rendah kalori dan sangat bergizi. Satu buah hanya mengandung 42 kalori dan sejumlah besar nutrisi, termasuk vitamin C.

Kiwi mengandung jumlah folat dan potasium yang layak serta beberapa mineral juga. Selain itu, makan kiwi dapat bermanfaat bagi kesehatan pencernaan, mengurangi peradangan, dan menurunkan kolesterol. Efek tersebut disebabkan tingginya jumlah serat dan antioksidan karotenoid yang buah ini berikan.

5. Nasi Putih

Nasi putih adalah biji-bijian yang banyak dikonsumsi sebagai makanan pokok di Indonesia dan berbagai negara di dunia, terutama di Asia.

Perbedaan utama antara beras putih dan beras merah adalah, beras putih telah dihilangkan dedak dan kumannya. Hal tersebut yang membuatnya lebih rendah serat, nutrisi, dan antioksidan. Meski demikian, nasi putih masih mengandung beberapa vitamin dan mineral dalam jumlah yang cukup.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2120 seconds (0.1#10.140)