Ini Penjelasan Medis Penyakit Paru-paru Seperti yang Diidap Polo Srimulat

Senin, 20 Juli 2020 - 17:07 WIB
loading...
Ini Penjelasan Medis Penyakit Paru-paru Seperti yang Diidap Polo Srimulat
Kabar mengejutkan datang dari komedian Polo. Anggota grup lawak Srimulat itu terbaring di Rumah Sakit Awal Bros karena penyakit paru-paru. Anda pun bisa mengenal penyakit ini. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Kabar mengejutkan datang dari pelawak Polo. Anggota grup lawak Srimulat itu terbaring di ICU Rumah Sakit Awal Bros, Bekasi, Jawa Barat. Dari foto yang beredar, Polo terbaring di ranjang lengkap dengan selang menempel di mulutnya.

Pemilik nama asli Christian Barata Nugroho ini dilarikan ke rumah sakit akibat mengidap penyakit paru-paru. Keterangan ini diungkapkan pelawak sekaligus aktor Tarzan. "Katanya paru-paru kalau nggak salah. Kata yang jaga, kata anak buahnya," kata Tarzan.

Dilansir WebMD, penyakit paru-paru adalah beberapa kondisi medis paling umum di dunia. Puluhan juta orang menderita penyakit paru-paru di Amerika Serikat saja. Merokok, infeksi, dan gen menyebabkan sebagian besar penyakit paru-paru.

Paru-paru adalah bagian dari sistem yang kompleks, mengembang dan mengendur ribuan kali setiap hari untuk membawa oksigen dan mengirimkan karbon dioksida. Penyakit paru-paru dapat terjadi ketika ada masalah di bagian mana pun dari sistem ini.

Pada dasarnya penyakit paru-paru mengacu pada gangguan yang mempengaruhi paru-paru, organ yang memungkinkan kita untuk bernapas. Masalah pernapasan yang disebabkan oleh penyakit paru-paru dapat mencegah tubuh mendapatkan oksigen yang cukup.

Adapun contoh penyakit paru-paru di antaranya adalah asma, bronkitis kronis, dan emfisema, infeksi, seperti influenza dan pneumonia, kanker paru-paru, sarkoidosis dan fibrosis paru. Dilansir dari Womenshealth, lebih banyak wanita meninggal karena penyakit paru-paru.

Para ahli tidak tahu penyebab semua jenis penyakit paru-paru. Namun, beberapa di antaranya penyakit ini disebabkan oleh merokok. Asap dari rokok, cerutu, dan cangklong adalah penyebab utama penyakit paru-paru. Jika Anda tinggal atau bekerja dengan perokok, hindari asap rokok. Minta perokok untuk merokok di luar ruangan. Perokok pasif sangat buruk bagi bayi dan anak kecil.

Radon, gas yang tidak berwarna dan tidak berbau ini ada di banyak rumah dan merupakan penyebab kanker paru-paru yang diketahui. Anda dapat memeriksa radon dengan kit yang dibeli di banyak toko perangkat keras. Radon dapat dikurangi di rumah jika Anda menemukan ada tingkat tinggi. (Baca juga: Demi si Buah Hati, Jangan Tunda Vaksin Anak ).

Asbes, adalah serat mineral alami yang digunakan dalam isolasi, bahan tahan api, rem mobil, dan produk lainnya. Asbes dapat mengeluarkan serat-serat kecil yang terlalu kecil untuk dilihat dan dapat dihirup. Asbes merusak sel paru-paru, menyebabkan jaringan parut paru-paru dan kanker paru-paru. Ini dapat menyebabkan mesotelioma, yang merupakan kanker yang terbentuk di jaringan yang menutupi paru-paru dan banyak organ tubuh lainnya.

Studi terbaru menunjukkan bahwa beberapa polutan udara seperti knalpot mobil dapat berkontribusi pada asma, COPD, kanker paru-paru, dan penyakit paru-paru lainnya. Beberapa penyakit yang mempengaruhi paru-paru, seperti flu, disebabkan oleh kuman (bakteri, virus, dan jamur).

Tanda-tanda awal penyakit paru-paru mudah untuk diabaikan. Seringkali, tanda awal penyakit paru-paru adalah tidak memiliki tingkat energi seperti biasa. Tanda dan gejalanya dapat berbeda berdasarkan jenis penyakit paru-paru. Tanda umum penyakit ini mencakup kesulitan bernafas, sesak napas, merasa seperti Anda tidak mendapatkan cukup udara, kemampuan berolahraga menurun, batuk yang tidak akan hilang.

Di sisi lain, penyakit paru juga bisa ditandai oleh batuk darah atau lendir dan rasa sakit atau tidak nyaman saat menarik atau mengeluarkan napas. Oleh karena itu, pastikan untuk menghubungi dokter jika Anda memiliki gejala-gejala ini.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2335 seconds (0.1#10.140)