Pentingnya Menerapkan Pola Hidup Sehat Melalui Asupan Gizi Seimbang

Selasa, 11 April 2023 - 15:51 WIB
loading...
Pentingnya Menerapkan Pola Hidup Sehat Melalui Asupan Gizi Seimbang
Melakukan pola hidup sehat sebenarnya tidak sulit, tetapi yang paling penting adalah adanya niat, tekat, dan kemauan dari sendiri untuk hidup sehat. / Foto: ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Hidup sehat dapat diperoleh dengan menerapkan pola hidup yang sehat. Hidup sehat sendiri meliputi sehat fisik, pikiran atau mental, hati, lingkungan, dan juga sehat ekonomi.

Dokter Laurencia Ardi, AIFO-K, menyebutkan bahwa melakukan pola hidup sehat sebenarnya tidak sulit, tetapi yang paling penting adalah adanya niat, tekat, dan kemauan dari sendiri untuk hidup sehat.

"Pola hidup sehat erat kaitannya dengan asupan makanan yang sehat. Asupan makanan yang sehat adalah makanan yang memang dibutuhkan dan berfungsi baik untuk tubuh kita," terang dr. Laurencia, yang juga Medical Dept. PT Kalbe Farma Tbk, dalam live Instagram, baru-baru ini.



Pada era dahulu, pola asupan makanan selalu mengarah pada 4 sehat 5 sempurna. Namun, di masa sekarang ini, kata dia, lebih pada asupan gizi seimbang, yang meliputi karbohidrat 60 persen, protein 10-20 persen dan lemak 30 persen.

"Selain itu juga dilengkapi dengan sayur dan buah-buahan sebagai sumber vitamin dan mineral. Selain asupan makanan, kita juga perlu melakukan olahraga secara rutin yaitu minimal 3 kali seminggu dengan durasi sekali olahraga minimal 30 menit," paparnya.

Guna terhindar dari penyakit degeneratif pada usia lanjut, dr. Laurencia pun menyarankan masyarakat untuk bijak dalam memilih makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh.

Di sini, diimbau untuk tidak mengonsumsi makanan dan minuman yang sedang tren tapi jangka panjangnya berdampak negatif pada kesehatan. Contohnya, minuman manis boba, makanan olahan, dan sebagainya.

"Penyakit degeneratif seperti hipertensi, diabetes, osteoporosis, atau penyakit sendi dapat dihindari dengan pola hidup sehat yang meliputi olahraga yang cukup dan asupan nutrisi yang seimbang," beber dr. Laurencia.

Sayangnya, tak jarang seseorang tidak tahu apakah makanan sehari-hari yang dikonsumsi bisa memenuhi kebutuhan nutrisi harian atau belum. Apabila belum memenuhi kebutuhan, maka diperbolehkan menambahkan suplemen mikronutrien dalam asupan makanan untuk mendukung pola hidup sehat, seperti suplemen Blackmores.

Menurut Senior Brand Manager Blackmores, Tiffany Pratiwi Suwandi, Blackmores sudah dikenal di Australia. PT Kalbe Farma Tbk pun menggandeng Blackmores Ltd, untuk menghadirkannya di Indonesia.



Dia juga menyebutkan jika Blackmores memiliki tiga jenis multivitamin. "Jika sedang berpuasa, Blackmores bisa diminum saat sahur atau setelah berbuka puasa," pungkasnya.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1521 seconds (0.1#10.140)