Ini 4 Makanan Khas Lebaran yang Bisa Memicu Kolesterol Tinggi, Jangan Dikonsumsi Berlebihan

Rabu, 19 April 2023 - 11:57 WIB
loading...
A A A

3. Coto Makassar


Makan khas Makassar ini sangat diminati banyak masyarakat, Pasalnya, kuah coto ini cukup kental, sehingga terasa berbagai bumbu rempah-rempah asal Indonesia.

Berisikan daging merah hingga jeroan sapi atau kerbau --yang disesuaikan selera--, makanan ini jarang gagal untuk mengundang selera. Namun, penderita kolesterol harus hati-hati karena 100 gr daging sapi mengandung lemak total 14 gr, juga kolesterol 70 mg.

Ditambah santan, yang makin sering dipanaskan, maka jumlah lapisan minyaknya semakin tinggi, sehingga kandungan kolesterol jahatnya (LDL) semakin banyak.

4. Rendang


Makanan khas Idul Fitri ini juga disukai banyak orang, bahkan disebut makanan terenak di dunia. Dari sensasi gurih dan sedikit pedas, serta rempah-rempahnya mampu membuat siapapun ketagihan.



Sayangnya makanan ini tidak bisa dimakan berlebihan, khususnya bagi penderita kolesterol. Alasannya sama seperti Coto Makassar. Ya, daging sapi dalam 100 gramnya mengandung lemak total 14 gram, serta kolesterol 70 mg. Apabila ditambah santan dan sering dipanaskan, maka jumlah lapisan minyaknya akan semakin tinggi.
(nug)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1689 seconds (0.1#10.140)