10 Tips Menjaga Kesehatan Selama Idul Fitri, Olahraga hingga Kurangi Kue Kering

Jum'at, 21 April 2023 - 10:10 WIB
loading...
10 Tips Menjaga Kesehatan Selama Idul Fitri, Olahraga hingga Kurangi Kue Kering
Tips menjaga kesehatan selama Idul Fitri penting untuk diketahui agar perayaan Lebaran berajalan lancar. Sebab, akan ada banyak kegiatan yang dilakukan. Foto/Aziz Indra
A A A
JAKARTA - Tips menjaga kesehatan selama Idul Fitri penting untuk diketahui agar perayaan Lebaran berajalan lancar. Sebab, akan ada banyak kegiatan yang dilakukan mulai dari mudik ke kampung halaman hingga silaturahmi bersama keluarga tercinta.

Sehingga kesehatan penting dijaga saat momen hari Lebaran ini. Jangan sampai, perayaan hari kemenangan justru membuat tubuh drop dan jatuh sakit.

Untuk itu, tetaplah memantau kondisi tubuh agar prima selama Lebaran. Berikut tips menjaga kesehatan selama Idul Fitri dilansir dari Healthifyme, Jumat (21/4/2023).

Tips Menjaga Kesehatan Selama Idul Fitri





1. Istirahat yang Cukup


Saat Lebaran, kegiatan berkumpul dengan keluarga bisa seharian dijalani. Ada baiknya Anda tetap menjaga pola tidur dan istirahat yang cukup agar tenaga tidak terkuras habis. Cobalah untuk tidak begadang dan tetap tidur selama delapan jam. Anda juga bisa tidur siang sebentar agar mengisi kembali tenaga yang terkuras.

2. Menjaga Tekanan Darah


Jika Anda biasanya memeriksa kadar gula darah, maka Anad harus memeriksanya lebih sering selama perayaan untuk memastikannya tetap dalam batas normal. Konsumsi obat-obatan bila perlu dan tetap menjaga pola makan agar tidak mengganggu kondisi kesehatan selama Lebaran.

3. Olahraga


Meski Lebaran sibuk dengan banyak kegiatan dan perjalanan, usahakan jangan sampai tidak sempat olahraga. Berolahraga penting bagi tubuh agar tetap aktif dan bugar. Lakukanlah beberapa gerakan kecil selama 30 menit setiap harinya. Dengan begitu, tubuh bisa terasa lebih bugar dan sehat.

4. Atur Pola Makan


Saat Lebaran, berbagai makanan seperti rendang, opor, dan ketupat menjadi menu wajib tersaji. Namun, Anda tetap perlu mengontrol pola makan. Ambilah porsi secukupnya agar terhindari dari kolesterol tinggi. Jangan berlebihan saat menyantap hidangan Lebaran termasuk yang mengandung santan.

5. Kurangi Kue Kering


Kue kering juga tersaji saat Lebaran. Macam-macamnya seperti nastar, kastengel dan masih banyak lagi bahkan biasanya hanya dijumpai saat Idul Fitri. Meski hanya kue kering, Anda tetap perlu menjaga porsinya. Kue kering mengandung banyak gula dan tepung yang bisa berbahaya bagi kesehatan jika dikonsumsi berlebihan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2107 seconds (0.1#10.140)