10 Cara Alami Menurunkan Kolesterol setelah Lebaran

Senin, 24 April 2023 - 06:00 WIB
loading...
10 Cara Alami Menurunkan...
Ada cara alami menurunkan kolesterol setelah Lebaran. Cara khususnya untuk yang sudah mengonsumsi obat sehingga dapat meningkatkan efek penurun kolesterol. Foto/Times of India
A A A
JAKARTA - Ada cara alami menurunkan kolesterol setelah Lebaran . Cara ini bisa Anda coba, khususnya untuk yang sudah mengonsumsi obat sehingga dapat meningkatkan efek penurun kadar kolesterol dalam darah.

Kolesterol menjadi salah satu masalah kesehatan yang kerap dialami banyak orang setelah Lebaran . Ini karena pada perayaan Idul Fitri, banyak tersaji makanan tinggi lemak, garam dan kalori.

Kondisi ini semakin diperparah dengan mengonsumsinya secara berlebihan. Sementara itu, kolesterol tinggi dalam darah yang tinggi bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan serangan jantung.

Cara Alami Menurunkan Kolesterol setelah Lebaran



Berikut cara alami menurunkan kolesterol setelah Lebaran dilansir dari Health Line, Senin (24/4/2023).



1. Fokus pada Lemak Tak Jenuh Tunggal


Lemak tak jenuh tunggal seperti yang ada dalam minyak zaitun, minyak canola, kacang pohon, dan alpukat terbukti bisa mengurangi kolesterol jahat atau LDL, meningkatkan kolesterol baik atau HDL, dan mengurangi oksidasi yang berkontribusi pada penyumbatan arteri.

2. Konsumsi Omega-3


Semua lemak tak jenuh ganda sangat sehat untuk jantung dan dapat mengurangi risiko diabetes. Lemak omega-3 adalah jenis lemak tak jenuh ganda dengan manfaat jantung ekstra serta terbukti mengurangi risiko kolesterol jahat dan penyakit jantung.

3. Hindari Lemak Trans


Makanan dengan minyak sebagian terhidrogenasi mengandung lemak trans dan berbahaya. Bahkan jika label mengklaim produk tersebut memiliki "0 gram lemak trans per porsi." Makanan yang umumnya mengandung lemak trans meliputi margarin, kue kering, popcorn, makanan cepat saji yang digoreng hingga pizza.

4. Makan Serat Larut


Serat larut memelihara bakteri usus probiotik yang sehat dan membantu menghilangkan kolesterol jahat dari tubuh. Sumber serat larut yang baik termasuk kacang-kacangan, kacang polong, lentil, buah, psyllium, dan berbagai biji-bijian, terutama gandum.

5. Olahraga


Semua jenis olahraga dapat menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung. Semakin lama dan intens latihan, semakin besar manfaatnya. Latihan dengan intensitas sedang selama 30 menit sangat baik untuk kesehatan.



6. Pertahankan Berat Badan


Penurunan berat badan mengurangi kolesterol total, sebagian dengan mengurangi pembentukan kolesterol baru di hati. Penurunan berat badan juga membantu menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik.

7. Hindari Merokok


Merokok telah terbukti meningkatkan kolesterol jahat dan menurunkan kolesterol baik. Selain itu, merokok bisa menghambat kemampuan tubuh untuk mengangkut kolesterol kembali ke hati untuk disimpan atau dipecah. Berhenti merokok dapat membantu membalikkan efek ini.

8. Minum Alkohol Secukupnya


Minum alkohol satu hingga dua minuman per hari dapat meningkatkan kolesterol baik dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Namun, penggunaan alkohol yang lebih berat meningkatkan risiko penyakit jantung dan membahayakan hati.

9. Konsumsi Sterol dan Stanol Tanaman


Stanol dan sterol tanaman dalam minyak nabati atau margarin bersaing dengan penyerapan kolesterol dan mengurangi kolesterol jahat hingga 20 persen. Nanun, makanan ini tidak terbukti mengurangi penyakit jantung.

10. Suplemen


Suplemen minyak ikan dan suplemen serat larut seperti psyllium meningkatkan kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung. Suplemen koenzim Q10 mengurangi kadar kolesterol total, tetapi penelitian lebih lanjut diperlukan pada peran Q10 dalam mengurangi penyakit jantung.

(dra)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1107 seconds (0.1#10.140)