6 Manfaat Konsumsi Biji Semangka untuk Kesehatan, Jangan Dibuang

Rabu, 26 April 2023 - 22:15 WIB
loading...
6 Manfaat Konsumsi Biji Semangka untuk Kesehatan, Jangan Dibuang
Biji semangka memiliki manfaat kesehatan luar biasa. Sebab, biji semangka adalah sumber nutrisi yang sangat kaya dan mengandung protein serta mineral. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Biji semangka memiliki manfaat kesehatan luar biasa yang jarang diketahui banyak orang. Sebab, biji semangka adalah sumber nutrisi yang sangat kaya dan mengandung protein serta mineral.

Seperti halnya magnesium, seng dan zat besi. Selain itu, biji semangka juga kaya akan lemak dan serat sehat yang menjadikannya makanan sehat untuk dimasukkan dalam diet.

Biji semangka juga mengandung asam lemak omega 3 dan omega 6, jarang ditemukan dalam makanan vegetarian. Makanan ini bisa dikonsumsi baik secara langsung atau mentah, dipanggang dan direbus.

Manfaat Konsumsi Biji Semangka untuk Kesehatan



Berikut manfaat biji semangka untuk kesehatan dilansir dari Times Now News, Rabu (26/4/2023).



1. Sumber Protein Berkualitas


Biji semangka menyediakan 1,5 gram protein per ons. Proteinnya agak mudah dicerna dan memiliki sembilan asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh untuk berfungsi dengan baik.

2. Baik untuk Pertumbuhan Rambut


Biji semangka dikemas dengan zat besi, magnesium, seng, dan tembaga yang meningkatkan pertumbuhan rambut yang sehat. Biji ini juga kaya mangan yang bekerja untuk menghentikan rambut rontok.

3. Pertahankan Tingkat Energi


Biji semangka sangat membantu dalam menjaga tubuh tetap aktif sepanjang hari karena makanan ini menyediakan protein dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama, menjaga kadar gula darah pada tingkat optimal.



4. Membersihkan Kulit


Biji semangka bisa menjadi pilihan sempurna untuk mengoptimalkan kesehatan kulit karena suhu yang melonjak menimbulkan ancaman besar bagi kulit. Diisi dengan antioksidan dan senyawa langka lainnya, biji ini menutrisi dan menjaga kulit tetap terhidrasi karena berfungsi sebagai pelembab.

5. Menyuburkan Pria


Jumlah seng yang tinggi dianggap memiliki kesehatan reproduksi pria yang lebih besar. Sehingga dengan makan biji semangka, pria bisa lebih subur.

6. Menjaga Suasana Hati


Biji semangka mengandung vitamin B yang berlimpah dan dapat memainkan peran kunci dalam menjaga fungsi otak dan sistem saraf tetap seimbang, mempertahankan tingkat suasana hati yang baik.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1438 seconds (0.1#10.140)