7 Tips Memilih Semangka yang Manis agar Tak Kecewa usai Dibeli

Rabu, 09 November 2022 - 10:02 WIB
loading...
7 Tips Memilih Semangka yang Manis agar Tak Kecewa usai Dibeli
Tips memilih semangka yang manis tentu sangat berguna bagi Anda agar tak salah membeli buah semangka. Foto/Freepik
A A A
JAKARTA - Tips memilih semangka yang manis tentu sangat berguna bagi Anda agar tak salah membeli buah semangka . Tak hanya menyegarkan, buah semangka dikenal memiliki segudang manfaat, di antaranya menurunkan risiko kanker, menjaga kesehatan jantung, serta mencegah degenerasi makula pada mata.

Tak hanya itu, semangka juga bisa sangat membantu Anda mengatasi dehidrasi karena mengandung 92% air dan membuat kenyang lebih lama. Menikmati semangka di saat cuaca terik tentu pilihan yang paling menyehatkan sekaligus menyegarkan.

Lantas, adakah tips untuk memilih semangka yang manis? Berikut ulasannya.



1. Lihat Garis-Garisnya

Warna semangka membantu Anda menunjukkan kematangan buah. Anda harus memilih semangka yang memiliki pola garis yang kuat dan konsisten. Garis-garis hijau harus berwarna hijau tua, sedangkan garis-garis pucat harus berwarna krem atau kuning muda.

Selain itu, memilih semangka yang tampak kusam kemungkinan lebih baik jika dibandingkan dengan semangka yang sangat mengkilap karena itu kemungkinan belum matang.

2. Hindari Semangka dengan Bintik Putih

Mungkin salah satu indikator kualitas semangka yang paling penting adalah titik bidangnya. Periksa semangka dan temukan bintik besar yang berubah warna di permukaan, juga dikenal sebagai bintik lapangan. Tanda ini menunjukkan di mana semangka dapat duduk dengan sejajar di tanah saat matang.

Untuk lebih praktisnya, warna kulit harus berwarna kuning krem yang menunjukkan semangka yang penuh rasa. Jika warnanya putih atau kuning muda, Anda mungkin ingin memilih yang lain. Bintik-bintik bidang putih menunjukkan bahwa semangka tidak memiliki rasa.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2415 seconds (0.1#10.140)