Love Bombing, Jerat Manipulatif Seseorang terhadap Pasangan

Kamis, 27 April 2023 - 14:46 WIB
loading...
A A A

3. Mengkritik dan Membandingkan


Meskipun pelaku love bombing awalnya memperlakukan pasangannya dengan sangat baik, mereka akan mulai mengkritik dan membandingkan pasangan dengan orang lain.

Orang yang melakukan love bombing akan mengatakan bahwa mereka menginginkan pasangan yang lebih baik atau bahwa pasangannya itu tidak cukup baik untuk mereka. Tujuan mereka melakukan ini adalah agar pasangan merasa tidak aman dan bergantung pada pelaku.

4. Memberikan Hadiah yang Berlebihan


Pelaku love bombing sering memberikan hadiah yang sangat mahal dan mewah kepada pasangan. Tak lain dan tak bukan, hal itu dilakukan supaya pasangan merasa diistimewakan dan terikat pada pelaku. Namun, hadiah tersebut sebenarnya hanya manipulasi belaka.

Dampak Love Bombing


Love bombing bisa memiliki dampak yang sangat merugikan pada korbannya, baik secara emosional maupun psikologis. Berikut adalah beberapa dampak negatif yang bisa terjadi akibat love bombing:

1. Ketergantungan Emosional


Pasangan yang mengalami love bombing bisa menjadi sangat bergantung pada pelaku. Mereka merasa sulit untuk melepaskan diri dari pelaku karena telah terjebak dalam manipulasi cinta yang dilakukan pelaku.

2. Keraguan Diri


Pelaku love bombing sering mengkritik dan membandingkan pasangan dengan orang lain. Hal ini bisa membuat pasangan merasa tidak percaya diri dan meragukan kemampuan mereka.

3. Kecemasan yang Berlebihan


Pasangan yang mengalami love bombing sering merasa cemas dan khawatir. Mereka merasa bahwa mereka harus terus memenuhi harapan pelaku agar tidak kehilangan perhatian dan cinta dari pelaku.

4. Trauma Emosional


Love bombing bisa menyebabkan trauma emosional pada pasangan yang mengalaminya. Mereka bisa merasa kehilangan kepercayaan pada diri sendiri dan pada orang lain, serta kesulitan untuk membangun hubungan yang sehat di masa depan.

Cara Menghindari Love Bombing


Love bombing bisa sangat merugikan dan berbahaya. Agar tak terjerat, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menghindarinya. Berikut ini cara untuk menghindari jebakan love bombing:

1. Jangan Terlalu Cepat Percaya


Jangan terlalu cepat percaya pada seseorang yang baru dikenal. Perlu waktu untuk mengenal orang tersebut dengan baik sebelum memutuskan untuk terlibat dalam hubungan yang lebih serius.

2. Perhatikan Tanda-Tanda


Perhatikan tanda-tanda manipulasi cinta yang dilakukan seseorang. Jika seseorang terlalu intens atau berlebihan dalam memberikan perhatian atau mengungkapkan perasaan cinta pada awal hubungan, bisa jadi dia sedang melakukan love bombing.

3. Beri Jarak


Jika merasa tidak nyaman dengan cara seseorang berperilaku, tak perlu takut untuk memberi jarak. Jangan terburu-buru untuk mengambil keputusan atau terjebak dalam manipulasi cinta yang dilakukan orang tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1842 seconds (0.1#10.140)