Sandiaga Soroti Kecelakaan Bus Pariwisata Terjun ke Jurang di Guci, Tegal

Senin, 08 Mei 2023 - 23:37 WIB
loading...
Sandiaga Soroti Kecelakaan Bus Pariwisata Terjun ke Jurang di Guci, Tegal
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno menyoroti kecelakaan bus pariwisata yang terjun ke jurang di Guci, Tegal. Insiden ini terjadi pada Minggu, 7 Mei 2023. Foto/Kontributor MPI
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyoroti kecelakaan bus pariwisata yang terjun ke jurang di Guci, Tegal, Jawa Tengah. Insiden ini terjadi pada Minggu, 7 Mei 2023.

Sandiaga sangat menyesalkan kecelakaan bus pariwisata yang membawa rombongan ziarah dari Jakarta tersebut. Sandiaga menilai, insiden ini seharusnya bisa diantisipasi dan dihindari agar tidak menyebabkan kecelakaan.

"Atas nama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, kami sangat berduka cita, dan menyampaikan belasungkawa yang mendalam terhadap musibah yang terjadi di Guci, Tegal," kata Sandiaga dalam Weekly Brief with Sandi Uno secara virtual, Senin (8/5/2023).

Untuk mencegah kejadian serupa, Sandiaga menjelaskan perlu ada standard operating procedur (SOP). Menurutnya, kenyamanan dan keselamatan adalah hal utama dalam berwisata.





"Musibah ini seharusnya bisa dihindari, jika kita memiliki prosedur yang secara disiplin tersosialisasi dengan baik, dan dipatuhi oleh para penyelenggara kegiatan transportasi pariwisata dan ekonomi kreatif," jelas Sandiaga.

Dia memberikan contoh, SOP bus pariwisata di luar negeri. Sopir bus tidak pernah keluar dari kendaraan sebelum penumpang di dalamnya sudah benar-benar kosong, sehingga keselamatan tetap terjaga.

"Misalnya standar-standar seperti itu yang harus diterapkan. Ini sangat disayangkan dan tidak boleh terulang kembali," ujar Sandiaga.

Oleh karena itu, Sandiaga telah menerjunkan tim untuk melakukan koordinasi dan sosialisasi agar kejadian serupa tidak lagi terulang.

"Kami dari Kemenparekraf sudah menugaskan staf ahli manajemen krisis, untuk berkoordinasi dan memastikan sosialisasi lintas kementerian lembaga dan pemerintah daerah," tandasnya.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1292 seconds (0.1#10.140)