4 Tips Makan Nasi Padang Rendah Kalori ala Ade Rai, Nomor 3 Simpel dan Menyehatkan

Selasa, 09 Mei 2023 - 18:36 WIB
loading...
4 Tips Makan Nasi Padang Rendah Kalori ala Ade Rai, Nomor 3 Simpel dan Menyehatkan
Tips makan nasi Padang rendah kalori ala Ade Rai menarik untuk disimak, mulai dari makan nasi putih sekepal tangan hingga mengambil sambal hijau tanpa minyak secukupnya.
A A A
JAKARTA - Nasi padang menjadi santapan khas Indonesia yang paling banyaj digemari. Perpaduan lauk pauk khas suku Minang seperti rendang, gulai, telur dadar hingga sambal hijau jadi sajian yang pas untuk mengisi perut kosong.

Namun, nasi padang terkenal dengan tingginya kalori dan kolesterol, apalagi jika disantap berlebihan. Tak perlu khawatir, binaragawan, Ade Rai memiliki tips sehat saat mengonsumsi nasi padang.

Tip tersebut membantu kamu untuk tetap bisa menikmati lezatnya nasi padang namun dengan cara yang lebih sehat dan rendah kalori. Penasaran, bagaimana tips makan nasi padang yang tetap rendah kalori? Berikut informasinya.

1. Nasi Putih Sekepal Tangan

Ade Rai menjelaskan tips pertama mengonsumsi nasi padang secara sehat ialah dengan mengambil nasi putih sebanyak sekepal tangan. Ia mengatakan karbohidrat penting karena akan menjadi sumber tenaga.



Namun, bila hanya ada nasi putih sebagai karbohidrat, maka perlu dikonsumsi secara bijak, yakni dengan sekepal tangan saja.

“Kita pilih jumlah nasi kira-kira paling banyak sekepal tangan kita,” kata Ade Rai.

2. Pilih Sumber Protein

Kemudian dengan memilih sumber protein. Ade Rai memilih dada ayam dari menu ayam pop sebagai pilihan sumber proteinnya. Namun, ada cara unik yang dilakukan Ade Rai sebelum mengonsumsi ayam itu.

Ade Rai menjelaskan, ayam pop tersebut masih mengandung minyak. Karenanya, ia menggunakan teh tawar untuk mencuci ayam tersebut agar bebas dari minyak berlebih.

“Dengan saya cuci (ayamnya) sedikit, maka minyaknya akan jatuh ke tehnya tadi,” jelas Ade Rai.

3. Pilih Sayuran Tanpa Santan

Kemudian memilih sayuran tanpa santan. Ade Rai mengatakan banyak orang lebih memilih menu sayuran yang kaya akan santan. Padahal, ada baiknya untuk mengonsumsi sayuran di nasi padang yang bebas dari santan.

Pilihan Ade Rai pun jatuh pada daun singkong rebus. Selain lebih sehat dan bebas santan, sayuran tersebut cocok dikonsumsi dengan lauk nasi padang lainnya.

4. Ambil Sambal Hijau Tanpa Minyak

Satu lagi tips makan nasi padang rendah kalori ala Ade Rai ialah mengambil sambal hijau tanpa minyak. Seperti kita tahu, sambal hijau di nasi padang biasanya mengandung minyak berlebih.

Untuk itu, kamu tetap bisa mengonsumsi sambal hijau dengan cara mengambil bagian sambalnya saja. Hindari bagian yang masih berminyak dengan memilih bagian atas atas sambal.

Dengan begitu, kamu tetap bisa mengonsumsi nasi padang yang lezat namun tetap rendah kalori.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2609 seconds (0.1#10.140)