Permudah Masyarakat Indonesia, Tes MUET Kembali Digelar di Jakarta

Minggu, 14 Mei 2023 - 10:00 WIB
loading...
Permudah Masyarakat Indonesia, Tes MUET Kembali Digelar di Jakarta
Bersamaan dengan acara penandatanganan MoU, juga digelar tes MUET yang diikuti cukup banyak peserta. / Foto: dok.
A A A
JAKARTA - Kemampuan berbahasa Inggris merupakan modal yang sangat penting di era globalisasi . Para pelajar yang hendak melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi juga perlu untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggrisnya.

Terlebih lagi jika ingin melanjutkan pendidikannya ke luar negeri. Maka kelancaran berbahasa Inggris menjadi salah satu syarat yang mutlak.

Umumnya sejumlah universitas di luar negeri, tak terkecuali di Malaysia, menetapkan syarat khusus untuk menerima calon mahasiswa, di antaranya tes kemampuan bahasa Inggris.



Di Negeri Jiran, mereka menerapkan standarnya sendiri dalam tes bahasa Inggris, yakni MUET (Malaysia University English Test).

Dalam menjalani tes tersebut, calon mahasiswa tidak harus susah-susah pergi ke Malayasia, karena tes MUETjuga dilaksanakan di Indonesia. Ini karena Majlis Peperiksaan Malaysia (MPM) Kementerian Pelajaran Malaysia telah menggandeng PT Nizwa Pratama Indonesia.

Penandatanganan MoU antara kedua belah pihak pun telah dilakukan pada Sabtu (13/5/2023) di kawasan Universitas Indonesia Salemba, Jakarta.

Acara penandatanganan MoU itu pun turut dihadiri Penasihat Pendidikan Education Malaysia Indonesia (EMI), Mohd Mubarak Bin Shamsuddin; Direktur PT Nizwa, Wahyu Wirayana; Ketua Eksekutif Majlis Peperiksaan Malaysia, Adnan Husin; serta Atase Pendidikan EMI, Zulfadhli bin Hamzah.

Bersamaan dengan acara tersebut, juga digelar tes MUET yang diikuti cukup banyak peserta. Tes MUET kali ini digelar di Gedung IASTH UI Salemba.

Dalam catatan MPM, Indonesia merupakan negara pertama yang menyelenggarakan tes MUET di luar Malaysia. Bahkan, penyelenggaraan kali ini menjadi yang kelima di Indonesia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1830 seconds (0.1#10.140)