7 Penyakit yang Bisa Diketahui dari Bau Badan, Kenali Gejalanya

Selasa, 16 Mei 2023 - 09:00 WIB
loading...
A A A

3. Diabetes


Pasien diabetes sering mengalami komplikasi medis tambahan. Infeksi saluran kemih terkait diabetes (ISK) dan kadar glukosa darah yang tinggi dapat meningkatkan bau badan.

Ketoasidosis diabetik adalah kondisi yang mengancam jiwa di mana tubuh kekurangan insulin, menghilangkan sel gula yang mereka butuhkan untuk energi. Salah satu gejalanya adalah bau napas buah yang khas.



4. Tiroid


Kelenjar tiroid mengatur banyak fungsi tubuh, termasuk respons keringat. Ketika Anda memiliki hipertiroidisme atau tiroid yang terlalu aktif atau penyakit grave, tubuh Anda dapat menghasilkan keringat yang berlebihan. Bahkan jika Anda tidak memaksakan diri untuk terlalu banyak bergerak.

5. Gagal Ginjal dan Disfungsi Hati


Ginjal dan hati membantu mengeluarkan racun dari tubuh. Ketika mereka tidak dapat berfungsi dengan baik, racun dapat menumpuk di dalam darah dan saluran pencernaan, menimbulkan bau. Penyakit ginjal dapat menyebabkan urea membuat keringat Anda berbau amonia.

6. Gangguan Metabolik


Meskipun ini sangat jarang, mutasi gen juga dapat memengaruhi bau badan. Trimethylaminuria adalah penyakit yang mencegah hati memecah senyawa kimia trimetilamina. Trimethylamine bisa berbau amis atau bau telur atau urine. Ketika tubuh tidak dapat memecah senyawa ini, akan menumpuk di tubuh dan dilepaskan melalui keringat, urine, dan napas.

Trimetilaminuria sekunder dapat terjadi jika Anda mengonsumsi L-karnitin, lesitin, atau kolin dosis besar secara oral. Lesitin dan kolin terkandung dalam beberapa suplemen makanan. L-karnitin terkadang digunakan untuk meningkatkan kekuatan atlet, dan kolin mengobati penyakit alzheimer dan huntington. Gejala hilang ketika dosis dikurangi atau dihilangkan.



7. Hormon


Fluktuasi hormon dapat menyebabkan keringat berlebih dan, bau badan. Remaja, wanita hamil, dan wanita perimenopause atau menopause dapat mengalami hot flashes dan keringat malam, meningkatkan keringat dan bau yang berlebihan.
(dra)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2489 seconds (0.1#10.140)