Begini Metabolisme Tubuh Bekerja Saat Olahraga di Tengah Puasa

Rabu, 29 April 2020 - 09:30 WIB
loading...
Begini Metabolisme Tubuh Bekerja Saat Olahraga di Tengah Puasa
Penelitian menunjukkan olahraga saat puasa bisa memengaruhi biokimia otot serta metabolisme yang terkait dengan sensitivitas insulin dan kontrol yang stabil terhadap kadar gula darah. Foto/Blog.fitbit.com
A A A
JAKARTA - Puasa bukan berarti Anda tak bisa berolahraga. Hanya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum Anda menjalani latihan fisik selama Ramadhan ini.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa berolahraga saat puasa bisa memengaruhi biokimia otot serta metabolisme yang terkait dengan sensitivitas insulin dan kontrol yang stabil terhadap kadar gula darah.

Penelitian juga merekomendasikan makan dan berolahragalah sebelum pencernaan atau penyerapan terjadi. Ini sangat penting bagi siapa saja yang mengidap diabetes tipe 2 atau sindrom metabolik.

Chelsea Amengual, manajer Fitness Programming & Nutrition di Virtual Health Partners mengatakan bahwa saat puasa karbohidrat yang disimpan -dikenal sebagai glikogen- kemungkinan besar akan habis sehingga Anda akan membakar lebih banyak lemak untuk membantu berolahraga. Sementara, berolahraga saat perut kosong tidak membakar lebih banyak lemak.

Fakta lain ditemukan bahwa berolahraga dalam keadaan berpuasa, ada kemungkinan tubuh akan mulai memecah otot untuk menggunakan protein sebagai bahan bakar.

"Plus, Anda lebih rentan cedera, yang berarti Anda akan memiliki lebih sedikit energi dan tidak dapat bekerja keras atau berkinerja juga," kata Amengual, seperti dikutip dari laman Healthline.

Di sisi lain, Priya Khorana, seorang ahli gizi di Universitas Columbia, tidak menganjurkan berolahraga dengan intensitas tinggi dan durasi yang lama saat berpuasa. Kebiasaan ini bisa memperlambat metabolisme tubuh.

"Tubuh Anda menghabiskan kalori dan energi, yang akhirnya bisa memperlambat metabolisme," tandas Khorana.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1057 seconds (0.1#10.140)