Studi: Makan Kangkung Bisa Cegah Diabetes, Gula Darah Terkontrol

Jum'at, 26 Mei 2023 - 07:48 WIB
loading...
Studi: Makan Kangkung...
Studi terbaru menunjukkan makan kangkung bisa mencegah diabetes lantaran kaya vitamin K. Studi ini dilakukan oleh para peneliti dari Universite de Montreal. Foto/The Spurce Eats
A A A
JAKARTA - Studi terbaru menunjukkan bahwa makan kangkung bisa mencegah diabetes lantaran kaya akan kandungan vitamin K. Studi yang diterbitkan di Cell Reports ini dilakukan oleh para peneliti dari Universite de Montreal.

Dilansir dari Medical Daily, Jumat (26/5/2023) dalam studi ini, para peneliti tidak hanya membangun hubungan antara vitamin K dan diabetes . Namun juga menemukan bagaimana vitamin K membantu menjaga gula darah tetap terkendali.

“Diabetes diketahui disebabkan oleh penurunan jumlah sel beta atau oleh ketidakmampuan mereka untuk memproduksi insulin yang cukup, oleh karena itu kami sangat tertarik dengan temuan baru ini,” kata peneliti utama studi ini, Mathieu Ferron.

“Untuk menjelaskan mekanisme seluler di mana vitamin K mempertahankan fungsi sel beta, penting untuk menentukan protein mana yang ditargetkan oleh karboksilasi gamma dalam sel-sel ini," tambahnya.

Baca Juga: Bukan Hanya Diabetes, Konsumsi Gula Berlebih Sebabkan Bakteri Baik di Usus Berkurang

Peneliti menemukan protein baru yang bergantung pada vitamin K, membuka jalan bagi bidang penelitian baru. Vitamin K adalah nutrisi yang larut dalam lemak yang penting untuk pembekuan darah, kesehatan tulang dan jantung.

Nutrisi mencegah penumpukan kalsium di arteri, menyebabkan penurunan risiko tekanan darah tinggi, penyakit jantung dan ginjal. Vitamin K merupakan nutrisi yang mudah dipecah dan dikeluarkan melalui urin atau feses.

Oleh karena itu, bahkan dengan asupan yang tinggi, ada kemungkinan yang jarang menyebabkan keracunan dalam tubuh, seperti nutrisi lain yang larut dalam lemak. Selain kangkung, vitamin K juga terkandung dalam makanan lainnya.

Mulai dari bayam, kubis Brussel, kol, brokoli, dan daging seperti hati sapi, daging giling, ayam, dan bacon. Sedangkan buah seperti plum, blackberry, dan blueberry juga merupakan sumber vitamin K yang baik.

Baca Juga: 3 Negara dengan Penderita Diabetes Terbanyak di Dunia, China Posisi Pertama

Meskipun kekurangan vitamin K jarang terjadi, kadar yang tidak memadai dapat menyebabkan masalah pembekuan darah, melemahkan tulang, dan meningkatkan risiko penyakit jantung.

“Kami mampu mengidentifikasi protein gamma-carboxylated baru yang disebut ERGP. Studi kami menunjukkan bahwa protein ini memainkan peran penting dalam mempertahankan tingkat fisiologis kalsium dalam sel beta untuk mencegah gangguan sekresi insulin,” jelas Julie Lacombe, rekan peneliti studi tersebut.

“Terakhir, kami menunjukkan bahwa vitamin K melalui gamma-karboksilasi sangat penting bagi ERGP untuk menjalankan perannya," tutup Lacombe.
(dra)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Lanjut Baca Berita Terkait Lainnya
Berita Terkait
Dokter Ungkap Bahaya...
Dokter Ungkap Bahaya Sering Melewatkan Sarapan, Risiko Diabetes Bisa Meningkat
Kebiasaan Duduk Lama...
Kebiasaan Duduk Lama Bisa Sebabkan Diabetes, Ini Penjelasan Dokter!
Penderita Diabetes Sebaiknya...
Penderita Diabetes Sebaiknya Hindari Konsumsi Semangka, Ini Alasannya!
Jangan Salah, Gula dari...
Jangan Salah, Gula dari Buah Juga Bisa Memicu Diabetes Semakin Parah
Budi Gunadi Sadikin...
Budi Gunadi Sadikin Ungkap Bahaya Boba: 1 Porsi Setara 150 Kalori dan 10 Gram Gula
5 Kebiasaan Pemicu Diabetes...
5 Kebiasaan Pemicu Diabetes pada Anak Muda, Nomor 4 Sering Tak Disadari
Peneliti Universitas...
Peneliti Universitas Jember Buktikan Tanaman Liar Kalimantan Efektif Turunkan Gula Darah
Inovasi Terbaru Novo...
Inovasi Terbaru Novo Nordisk untuk Diabetes Tipe 2 Disetujui FDA AS
Bukti Klinis Tunjukkan...
Bukti Klinis Tunjukkan mGanik Metafiber Efektif Tekan Gula Darah Postprandial 34 Persen
Rekomendasi
Makin Mudah Berinvestasi,...
Makin Mudah Berinvestasi, Pegadaian dan KSEI Gandeng Tangan Kembangkan ETF Emas
Perjuangan Mahasiswa...
Perjuangan Mahasiswa Tembus Bundaran HI: Diblokade di Semanggi, Saling Dorong dengan Aparat di Tosari
Traveloka Gelar Schooliday...
Traveloka Gelar Schooliday Sale, 46% Wisatawan RI Prioritaskan Biaya
Berita Terkini
Babak Baru Kasus Erin...
Babak Baru Kasus Erin Wartia, Pelapor Serahkan Dokumen LPSK ke Penyidik
Pesona China yang Berbeda:...
Pesona China yang Berbeda: Eksplor Keunikan Infrastruktur Chongqing dan Alam Zhangjiajie
Cut Meyriska Syok Hanania...
Cut Meyriska Syok Hanania Travel Bermasalah, Padahal Sudah Kantongi Akreditasi dan Rekor MURI
Desainer Indonesia Ditantang...
Desainer Indonesia Ditantang Jadi Agen Perubahan, Tak Lagi Sekadar Estetika
Diperiksa Terkait Kasus...
Diperiksa Terkait Kasus Hanania Travel, Cut Meyriska dan Roger Danuarta Serahkan Bukti ke Polisi
Bisa Tetap Berkarya!...
Bisa Tetap Berkarya! Ini Tips Menjaga Kualitas Hidup Setelah Pensiun
Infografis
9 Manfaat Rebusan Daun...
9 Manfaat Rebusan Daun Beluntas, Bantu Kendalikan Kadar Gula Darah
Copyright ©2026 SINDOnews.com All Rights Reserved