5 Hal yang Harus Diperhatikan untuk Menghindari Berita Hoax

Jum'at, 02 Juni 2023 - 17:04 WIB
loading...
5 Hal yang Harus Diperhatikan untuk Menghindari Berita Hoax
Live Podcast Kamseupay Eps. Suara Netizen Makin Gak Make Sense! pada Jumat, 2 Juni 2023 pukul 20.00 WIB di Audio+ bagian dari RCTI+. Foto/Roov.id
A A A
Dengan adanya internet pada masa kini, informasi sangat mudah untuk diperoleh. Akan tetapi banyak harus disayangkan terutama masih banyaknya berita hoax atau bohong yang beredar di kalangan masyarakat. Berita hoax masih sering sekali ditemui saat ini. Sifat media online yang dengan mudah dapat dibagikan membuat hoax secara cepat menyebar dan dapat menimbulkan berbagai kerugian salah satunya adalah timbul fitnah. Untuk mencegah keadaan tersebut, yuk simak apa saja yang harus diperhatikan untuk menghindari berita hoax:

1. Bacalah judul dengan cermat
Biasanya, berita online kerap menampilkan judul yang provokatif ,yang dapat dengan segera menarik perhatian pembaca. Judul ini biasanya merupakan sepotong informasi dari isi berita yang dirasa menarik untuk pembaca sehingga dapat menimbulkan persepsi sesuai yang dikehendaki sang pembuat hoax.

2. Cermatilah isi berita
Janganlah kalian menerima informasi secara cuma-cuma dengan hanya membaca judul atau sebagian isi dari berita, karena tidak jarang judul yang hanya bertujuan untuk memancing rasa penasaran pembaca. Bacalah berita tersebut dengan baik-baik secara keseluruhan dan jangan lupa kembali mengecek informasi yang terkait pada berita tersebut, agar tidak termakan dengan berita hoax.



3. Periksa latar belakang berita
Selain memperhatikan judul dan mencermati isi berita, hal yang harus dilakukan agar terhindar dari berita hoax adalah memeriksa latar belakang berita ini. Apakah berita yang dibuat berdasarkan fakta atau hanya opini penulis. Fakta adalah peristiwa yang terjadi dengan kesaksian dan bukti, sementara opini adalah pendapat dan kesan dari penulis berita, sehingga memiliki kecenderungan untuk bersifat subjektif.

4. Periksa keaslian gambar
Saat ini ada banyak aplikasi yang dapat membuat membuat gambar terlihat menjadi nyata. Bisa jadi foto yang ada di berita tersebut merupakan foto hasil manipulasi yang digunakan untuk memprovokasi pembaca. Cara untuk mengecek keaslian foto bisa melalui mesin pencari Google, dengan cara melakukan drag-and-drop ke kolom pencarian Google Images. Sehingga akan muncul gambar-gambar yang serupa dengan foto tersebut.

5. Jangan asal share berita
Berita hoax mudah beredar di masyarakat dikarenakan banyak orang yang saat mendapatkan informasi langsung men-share berita tersebut ke orang-orang terdekatnya tanpa mengecek kebenarannya terlebih dahulu. Kalian dapat men-share berita tersebut setelah melakukan cara diatas. Hal tersebut sangat penting karena dapat mencegah menyebarnya berita hoax atau bohong.

Ngomong-ngomong berita hoax, saat membaca berita pasti akan kebanyakan orang kana membaca komentar dari netizen. Pada kali ini, Musdalifah Basri (Ifah) dan Bocah Cikarang bernama Boah Sartika bakal ngobrolin tentang julidan netizen yang makin hari tidak masuk akal. Ngomong-ngomong tentang hujatan netizen, baru-baru ini Kiki Saputri dihujat karena ngeroasting seseorang. Meskipun perkataan netizen sangat kelewatan, tapi Kiki Saputri justru membalas hujatan tersebut dengan cara yang unik. Kiki justru mentransfer sejumlah uang untuk membungkam mulut netizen.

Pasti penasarankan, dengan obrolannya. Kalian bisa mendengarkan obrolan selengkapnya hanya Live Podcast Kamseupay Eps. Suara Netizen Makin Gak Make Sense! pada Jumat, 2 Juni 2023 pukul 20.00 WIB di Audio+ bagian dari RCTI+ . Jangan lupa juga untuk download aplikasi RCTI+ di App Store dan juga Google Play Store ya!
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1352 seconds (0.1#10.140)