Bekal Pengetahuan bagi Calon Chef dan Pengusaha Kuliner untuk Kreasikan Hidangan Sehat Rendah Garam

Jum'at, 02 Juni 2023 - 11:11 WIB
loading...
Bekal Pengetahuan bagi Calon Chef dan Pengusaha Kuliner untuk Kreasikan Hidangan Sehat Rendah Garam
Demo memasak makanan rendah garam dalam seminar Modern Cooking belum lama ini. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Para calon chef dan pengusaha kuliner di Bandung mengikuti seminar bertema Modern Cooking belum lama ini. Seminar tersebut digagas oleh PT Ajinomoto Indonesia untuk mendukung pelaku industri makanan dalam menciptakan aneka kreasi menu yang lezat dan sehat, sekaligus memberikan fakta informatif tentang bumbu umami.

Katarina Larasati, Product and Nutrition Manager PR Department PT Ajinomoto Indonesia yang hadir sebagai pembicara seminar mengatakan, penyakit degeneratif seperti diabetes, jantung, dan hipertensi penting untuk dicegah dengan memperhatikan anjuran dari Kementerian Kesehatan tentang pembatasan asupan gula, garam, serta lemak (GGL).

"Sebagai penentu tren kuliner di masa depan, teman-teman calon chef sebaiknya sudah mulai mempertimbangkan penerapan pembatasan gula, garam, dan lemak untuk tren kuliner yang lebih aman bagi kesehatan dengan tetap mempertahankan unsur kelezatan dalam kreasi menu makanan," papar Katarina.

Katarina menambahkan, saat ini pihaknya sedang menggiatkan beberapa inisiatif kesehatan dan pelestarian lingkungan yang dimotori oleh health provider. Salah satunya kampanye Bijak Garam yang sejalan dengan anjuran Kemenkes terkait pengurangan asupan GGL dalam konsumsi sehari-hari.

“Melalui kampanye Bijak Garam yang sedang digiatkan ini, kami ingin mengedukasi masyarakat tentang pentingnya diet rendah garam dan mengajak keluarga Indonesia untuk hidup lebih sehat dengan mengurangi asupan atau penggunaan garam dalam mengolah makanan, namun tetap bisa memperoleh cita rasa yang tinggi," ujar Katarina.

“Faktanya, beberapa penelitian seperti yang dilakukan oleh Jeremia Halim et al (2020) menunjukkan bahwa penggunaan MSG bisa menjadi strategi diet rendah garam. Sebab, kandungan natrium dalam MSG hanya sepertiga dari kandungan natrium pada garam dapur biasa,” lanjutnya.

Sementara itu, Horeka Dept Ajinomoto juga membagikan tips mengkreasikan menu makanan yang menerapkan Bijak Garam, pedoman gizi seimbang, dan lezat. Tips dan materi tersebut disajikan dalam informasi Product Knowledge Horeka dan tes rasa menu tori no suimono (sup ayam khas Jepang) yang dipresentasikan oleh Ryo Nakamura, Head of Horeka Dept dan Chef Derri Afrian, Corporate Chef Ajinomoto.

“Dalam penyajian tes rasa untuk menu tori no suimono yang simpel ini kami menyertakan sumber protein dari ayam, dan sumber serat juga tersedia dari sayuran seperti brokoli dan wortel," kata Ryo Nakamura.

Pada menu tersebut juga ditambahkan MSG yang dapat meningkatkan level gurih dan harmonisasi yang lebih melezatkan. MSG ini mampu mengurangi 30% penggunaan garam dapur, sebanding dengan penurunan natrium dalam masakan sebesar 12%.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1610 seconds (0.1#10.140)