Mudah Didapat, Ini 10 Bahan Alami yang Ampuh Redakan Batuk

Rabu, 14 Juni 2023 - 05:16 WIB
loading...
Mudah Didapat, Ini 10 Bahan Alami yang Ampuh Redakan Batuk
Guna menghilangkan batuk yang menyiksa, Anda membutuhkan obat-obatan, dan terdapat bahan alami yang bisa dijadikan pereda batuk. / Foto: ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Cuaca yang tidak menentu turut memberikan dampak terhadap kesehatan tubuh. Umumnya yang terjadi adalah batuk-batuk , lantaran kondisi tubuh dan cuaca tidak selaras.

Ketika menderita batuk, biasanya tenggorokan dan dada terasa sakit. Suara pun bisa berubah, bahkan hilang akibat adanya masalah di tenggorokan.

Guna menghilangkan batuk yang menyiksa, Anda membutuhkan obat-obatan. Meskipun begitu, ada juga obat alami untuk meredakan batuk. Dan berikut ini 10 obat dan bahan alami untuk mengatasi batuk.



1. Jeruk Nipis dan Kecap


Barangkali obat batuk alami satu ini sudah sangat umum dan populer sejak dulu. Kandungan vitamin C yang tinggi dari jeruk nipis dapat mengobati batuk serta meningkatkan resistensi tubuh terhadap berbagai serangan penyakit.

Selain itu, kandungan minyak atsiri pada jeruk nipis mampu meringankan batuk. Sehingga memberikan sensasi lega pada tenggorokan.

2. Air Jahe dan Madu


Selain menghangatkan tubuh saat cuaca dingin, air jahe dan madu juga cocok untuk obat batuk alami. Hangatnya jahe, bisa meredakan tenggorokan yang sedang bermasalah.

Begitu juga dengan madu, sejak dulu bahan alami yang berasal dari lebah ini bisa membantu mengobati berbagai penyakit. Termasuk batuk, apalagi dicampur dengan air rebusan jahe.

3. Cuka Apel


Cuka apel bisa juga dijadikan salah satu bahan alami untuk menyembuhkan batuk maupun flu. Bahan tersebut mengandung zat antibakteri, disebut dengan asam asetik.

Zat yang ada di dalam cuka apel ini mampu memecah gumpalan lendir serta mematikan bakteri yang menyerang saluran pernapasan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2388 seconds (0.1#10.140)