8 Ciri Orang yang Haus Pengakuan, Anda Harus Tahu!

Sabtu, 17 Juni 2023 - 04:04 WIB
loading...
8 Ciri Orang yang Haus Pengakuan, Anda Harus Tahu!
Ciri orang yang haus pengakuan secara umum dapat dilihat dari sifatnya yang suka narsis. Foto Ilustrasi/Getty Images
A A A
JAKARTA - Ciri orang yang haus pengakuan secara umum dapat dilihat dari sifatnya yang suka narsis. Orang ini biasanya selalu mencari perhatian, melibatkan diri, dan sangat membutuhkan pujian.

Haus pengakuan dapat dianggap narsistik. "Mereka mungkin menunjukkan beberapa perilaku gangguan kepribadian narsistik (NPD). Namun, memiliki beberapa sifat narsistik tidak selalu berarti didiagnosis menderita NPD," demikian keterangan di laman Verywellmind.com, dikutip Sabtu (17/6/2023).

Orang yang haus pujian atau pengakuan juga dikaitkan dengan kondisi megalomania. Sifat itu bisa disebabkan oleh keluarga yang terlalu mengkhawatirkan segala hal, atau pada saat usia dini mereka telah mendapatkan pujian yang berlebihan dari orang tua atau sebaliknya.

"Tidak pernah mendapatkan pujian sama sekali sehingga ketika dewasa mereka menjadi orang yang haus akan pujian dan ingin mendapatkan pengakuan dari orang lain dengan memuji diri secara berlebihan," tulis laman Daily Trust.

Lantas, bagaimana kita mengetahui orang itu haus pengakuan? Ada delapan ciri-cirinya, yakni:

1. Keinginan mendalam untuk mendapat pujian. Mereka selalu memuji diri sendiri, biasanya tentang hal-hal yang tidak berwujud karena kebenarannya sulit diperiksa.

2. Pencari perhatian.

3. Rasa harga diri yang melambung.

4. Melebih-lebihkan kemampuan.

5. Dominasi antarpribadi. Seperti khayalan akan kehebatan dan atau memiliki kekuatan sosial dan politik yang besar.

6. Ketidakmampuan berempati dengan orang lain. Mereka selalu mempermalukan, meremehkan dan melecehkan orang lain serta menganggap diri mereka paling baik, paling benar, dan paling pandai.

7. Tidak peka terhadap kebutuhan orang lain. Kurang empati terhadap apa pun, egois, cenderung kasar, dan mementingkan diri sendiri.

8. Sombong dan lantang atau sangat melibatkan diri dalam segala hal. Mereka menolak untuk menerima ide orang lain, meskipun itu baik.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1732 seconds (0.1#10.140)