8 Mitos Makanan yang Masih Dipercaya, Makan Telur Bikin Bisulan?

Rabu, 21 Juni 2023 - 10:14 WIB
loading...
8 Mitos Makanan yang Masih Dipercaya, Makan Telur Bikin Bisulan?
Salah satu mitos yang berkembang dan masih dipercaya adalah jika seorang gadis makan sayap ayam maka jodohnya akan menjauh. Foto/iStock
A A A
JAKARTA - Banyak mitos tentang makanan yang masih dipercaya masyarakat Indonesia hingga kini. Ada beberapa larangan makan yang dianggap mitos dan memiliki makna negatif.

Sebagian besar orang masih percaya dan tidak melanggar mitos dengan harapan agar tak mendapat 'sial'. Berikut 8 mitos tentang makanan yang masih diyakini kebenarannya oleh sebagian masyarakat.

1.Mengambil tatakan dawet Jabung berarti harus menikahi penjualnya
8 Mitos Makanan yang Masih Dipercaya, Makan Telur Bikin Bisulan?

Foto/youtube

Di Ponorogo Jawa Timur ada minuman khas yang dikenal memiliki mitos, yakni dawet Jabung. Selain terkenal karena rasanya enak, dawet ini juga populer karena mengandung mitos unik.



Saat penyajian dawet Jabung, penjual akan meracik minuman ini dalam wadah mangkuk kecil yang dialasi piring tatakan atau lepek. Piring kecil ini tak boleh diambil sang pembeli karena mitosnya jika piringnya ikut diambil maka si pembeli harus menikahi penjualnya.

Mitos ini sudah berlangsung lama dan turun temurun. Padahal sebenarnya pembeli tidak harus menikahi sang penjual. Mitos ini terkadang membuat penjual dan pembeli yang tak tahu mitosnya akan saling tarik menarik piring kecil ini.

2.Pamali mengambil makanan sebelum orang tua makan
8 Mitos Makanan yang Masih Dipercaya, Makan Telur Bikin Bisulan?

Foto/ist

Ada mitos yang berkembang soal anak tak boleh mengambil makanan di meja makan sebelum orangtuanya makan. Hal ini dianggap pamali dan tak boleh dilakukan.

Padahal makna di balik mitos ini adalah soal sopan santun. Orang tua atau orang yang dituakan dipersilahkan mengambil makanan lebih dulu sebelum diikuti anak-anaknya. Tujuannya agar orang tua dijadikan sosok yang dihormati.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1907 seconds (0.1#10.140)