7 Buah Penurun Kolesterol Tinggi, Wajib Dikonsumsi Tiap Hari

Jum'at, 23 Juni 2023 - 04:40 WIB
loading...
7 Buah Penurun Kolesterol Tinggi, Wajib Dikonsumsi Tiap Hari
Buah penurun kolesterol tinggi banyak dicari karena mampu menghindarkan kita dari penyakit kronis. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Buah penurun kolesterol tinggi banyak dicari karena mampu menghindarkan kita dari penyakit kronis. Ya, kolesterol merupakan momok menakutkan bagi banyak orang. Apalagi, kolesterol bisa meningkat dari pola hidup tak sehat dan makanan yang tinggi lemak.

Untuk itu, penting untuk mengetahui apa saja kandungan dari makanan yang kita konsumsi. Bisa jadi makanan tersebut tinggi kolesterol dan memberi pengaruh buruk pada tubuh.

Tapi tak perlu khawatir, Anda bisa mengurangi kadar kolesterol tinggi dengan buah-buahan yang dikonsumsi sehari-sehari. Selain lezat, buah-buahan ini mampu menurunkan kadar kolesterol pada tubuh.



Berikut sederet buah-buahan yang bisa Anda konsumsi untuk menurunkan kolesterol, seperti dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (23/6/2023).

1. Alpukat

Pertama ada alpukat. Buah satu ini diyakini memiliki kemampuan menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Dilansir dari Healthshot, makan alpukat dapat membantu tubuh menyerap nutrisi lain dari makanan. Buah ini juga memiliki banyak lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda, yang antara lain bermanfaat bagi jantung.

Selain itu, alpukat secara signifikan dapat mengatur kadar kolesterol high-density lipoprotein (HDL) dan low-density lipoprotein (LDL).

2. Pisang

Selanjutnya ada pisang. Tak cuma enak, pisang juga bermanfaat untuk menurunkan kolesterol pada tubuh.

Pisang mengandung serat, vitamin, dan mineral yang diperlukan, serta gula alami seperti sukrosa, fruktosa, dan glukosa. Menurut Chanduwadia, pisang adalah sumber potasium dan serat yang baik yang membantu mengurangi kolesterol dan tekanan darah.


3. Sitrus

7 Buah Penurun Kolesterol Tinggi, Wajib Dikonsumsi Tiap Hari

Foto/Freepik

Buah sitrus juga mampu untuk menurunkan kadar kolesterol pada tubuh. Tak hanya segar, manfaat buah sitrus pun cukup banyak.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2532 seconds (0.1#10.140)