5 Buah Penurun Kolesterol Jahat, Baik Dikonsumsi Tiap Hari

Minggu, 14 Agustus 2022 - 16:01 WIB
loading...
5 Buah Penurun Kolesterol Jahat, Baik Dikonsumsi Tiap Hari
Kolesterol menjadi momok bagi para penderitanya. Karena itu, diperlukan upaya untuk mengontrol kadar kolesterol jahat agar tidak sampai melonjak. Foto/Shutterstock
A A A
JAKARTA - Kolesterol menjadi momok bagi para penderitanya. Karena itu, diperlukan upaya untuk mengontrol kadar kolesterol jahat agar tidak sampai melonjak, salah satu dengan menjaga pola makan.

Ya, untuk menurunkan kolesterol jahat, beragam cara bisa dilakukan, seperti dengan mengonsumsi buah-buahan. Lantas, buah apa yang bisa menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuh? Berikut daftarnya, seperti dirangkum dari berbagai sumber.

Baca Juga: 5 Makanan Sumber Kolesterol Jahat, Penting untuk Dihindari!

1. Alpukat

Buah yang dikenal berdaging lunak ini memiliki khasiat untuk kesehatan, di antaranya menurunkan kolesterol jahat hingga darah tinggi. Alpukat juga dikenal sebagai buah diet karena mengandung lemak tak jenuh serta kalium.

Alpukat baik dikonsumsi sebab kaya akan vitamin dan mineral. Kandungan lain dalam buah alpukat yakni senyawa yang dapat membantu menghambat penyerapan kolesterol.

2. Kiwi

Buah yang dikenal kaya kandungan vitamin C dan serat larut air ini baik untuk tubuh. Buah satu ini ternyata juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat sekaligus meningkatkan kolesterol baik atau HDL di dalam tubuh.

Mengonsumsi tiga buah kiwi per hari dikaitkan dengan penurunan tekanan darah sistolik dan diastolik dalam 24 jam dibandingkan dengan satu apel sehari.

Baca Juga: 10 Obat Kolesterol Jahat, Khasiat dan Efek Sampingnya
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1117 seconds (10.55#12.26)