4 Buah Ini Dapat Memperburuk Kondisi Diabetes, Kandungan Gulanya Tinggi

Sabtu, 24 Juni 2023 - 23:55 WIB
loading...
4 Buah Ini Dapat Memperburuk...
Buah tertentu dapat memperburuk kondisi diabetes, menyebabkan kadar gula darah melonjak. Salah satunya mangga bisa menimbulkan masalah penderita diabetes. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Buah tertentu dapat memperburuk kondisi diabetes , menyebabkan kadar gula darah melonjak jika Anda tidak berhati-hati mengonsumsinya. Salah satunya mangga bisa menimbulkan masalah bagi penderita diabetes.

Mangga adalah buah tropis yang umum yang dapat memperburuk kondisi diabetes karena kandungan gulanya yang tinggi. Tak main-main buah ini mengandung gula sekitar 23 hingga 25 gram per gelas.

Dilansir dari Express, Sabtu (24/6/2023) demikian juga nanas adalah buah sehat yang kaya akan gula. Rasa manis pada buah ini bisa menyebabkan masalah bagi penderita diabetes.

"Cairan lezat yang lengket dapat menampung hingga 16 gram gula dalam satu gelas yang terlalu tinggi untuk penderita diabetes karena dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah," kata ahli kebugaran Nataly Komova, RD.



Pakar kesehatan juga menyarankan untuk makan ceri secara perlahan. Sebab, meski dikemas dengan serat dan sifat antioksidan yang penting untuk kelancaran pencernaan dan kesehatan secara keseluruhan, buah ini juga dapat memperparah diabetes.

Ceri mengandung lebih dari 25 gram jumlah gula, yang tidak ideal pada penderita diabetes karena berdampak negatif pada indeks glikemik dan kadar glukosa mereka. Indeks glikemik adalah sistem peringkat yang mengukur dampak karbohidrat yang berbeda terhadap kadar gula darah.

Pisang juga harus diwaspadai penderita diabetes. Buah ini tinggi karbohidrat yang mudah diubah menjadi glukosa dalam tubuh. Terutama jika dikonsumsi dalam jumlah berlebih ditambah gula tinggi yang memberi rasa manis pada pisang dapat meningkatkan gula darah dan memperburuk kondisi diabetes.

Meski demikian, makan buah memberikan segudang manfaat kesehatan sehingga tidak boleh melewatkannya. Buah dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung dan mengandung serat, mineral, dan vitamin, menjadikannya bagian yang sangat penting dari diet.



“Anda mungkin takut bahwa hidup dengan diabetes berarti menghilangkan buah-buahan dalam makanan, tetapi gula dalam buah utuh bukanlah jenis gula yang perlu dikurangi oleh penderita diabetes seperti yang ditemukan dalam coklat dan permen," jelas Dokter Tariq Mahmood.

"Daripada gula, jumlah karbohidrat yang Anda konsumsi paling mempengaruhi kadar glukosa darah. Meski begitu, kue dan minuman bersoda memiliki lebih banyak karbohidrat daripada buah-buahan," tandasnya.
(dra)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1743 seconds (0.1#10.140)