Studi: Makan Kangkung Bisa Cegah Diabetes, Gula Darah Terkontrol

Jum'at, 26 Mei 2023 - 07:48 WIB
loading...
Studi: Makan Kangkung Bisa Cegah Diabetes, Gula Darah Terkontrol
Studi terbaru menunjukkan makan kangkung bisa mencegah diabetes lantaran kaya vitamin K. Studi ini dilakukan oleh para peneliti dari Universite de Montreal. Foto/The Spurce Eats
A A A
JAKARTA - Studi terbaru menunjukkan bahwa makan kangkung bisa mencegah diabetes lantaran kaya akan kandungan vitamin K. Studi yang diterbitkan di Cell Reports ini dilakukan oleh para peneliti dari Universite de Montreal.

Dilansir dari Medical Daily, Jumat (26/5/2023) dalam studi ini, para peneliti tidak hanya membangun hubungan antara vitamin K dan diabetes . Namun juga menemukan bagaimana vitamin K membantu menjaga gula darah tetap terkendali.

“Diabetes diketahui disebabkan oleh penurunan jumlah sel beta atau oleh ketidakmampuan mereka untuk memproduksi insulin yang cukup, oleh karena itu kami sangat tertarik dengan temuan baru ini,” kata peneliti utama studi ini, Mathieu Ferron.

“Untuk menjelaskan mekanisme seluler di mana vitamin K mempertahankan fungsi sel beta, penting untuk menentukan protein mana yang ditargetkan oleh karboksilasi gamma dalam sel-sel ini," tambahnya.



Peneliti menemukan protein baru yang bergantung pada vitamin K, membuka jalan bagi bidang penelitian baru. Vitamin K adalah nutrisi yang larut dalam lemak yang penting untuk pembekuan darah, kesehatan tulang dan jantung.

Nutrisi mencegah penumpukan kalsium di arteri, menyebabkan penurunan risiko tekanan darah tinggi, penyakit jantung dan ginjal. Vitamin K merupakan nutrisi yang mudah dipecah dan dikeluarkan melalui urin atau feses.

Oleh karena itu, bahkan dengan asupan yang tinggi, ada kemungkinan yang jarang menyebabkan keracunan dalam tubuh, seperti nutrisi lain yang larut dalam lemak. Selain kangkung, vitamin K juga terkandung dalam makanan lainnya.

Mulai dari bayam, kubis Brussel, kol, brokoli, dan daging seperti hati sapi, daging giling, ayam, dan bacon. Sedangkan buah seperti plum, blackberry, dan blueberry juga merupakan sumber vitamin K yang baik.



Meskipun kekurangan vitamin K jarang terjadi, kadar yang tidak memadai dapat menyebabkan masalah pembekuan darah, melemahkan tulang, dan meningkatkan risiko penyakit jantung.

“Kami mampu mengidentifikasi protein gamma-carboxylated baru yang disebut ERGP. Studi kami menunjukkan bahwa protein ini memainkan peran penting dalam mempertahankan tingkat fisiologis kalsium dalam sel beta untuk mencegah gangguan sekresi insulin,” jelas Julie Lacombe, rekan peneliti studi tersebut.

“Terakhir, kami menunjukkan bahwa vitamin K melalui gamma-karboksilasi sangat penting bagi ERGP untuk menjalankan perannya," tutup Lacombe.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1828 seconds (0.1#10.140)