Pete vs Jengkol, Mana yang Lebih Sehat? Ini Jawabannya

Minggu, 25 Juni 2023 - 21:48 WIB
loading...
Pete vs Jengkol, Mana yang Lebih Sehat? Ini Jawabannya
Pete vs jengkol, dua bahan makanan yang kerap diperbandingkan karena sama-sama memiliki bau yang tajam. Foto/Freepik
A A A
JAKARTA - Pete vs jengkol, dua bahan makanan yang kerap diperbandingkan karena sama-sama memiliki bau yang tajam. Dua jenis tanaman tersebut seolah sulit dipisahkan karena lazim disantap sebagai lalapan, bahkan menjadi lauk pauk.

Ya, pete dan jengkol memang bisa diolah menjadi berbagai macam hidangan. Dari lalapan mentah hingga menjadi sajian yang menggugah selera seperti semur.

Di samping enak disantap, pete dan jengkol juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan lho. Jadi pertanyaan sekarang, antara pete vs jengkol, lebih sehat yang mana sih?



Kalau mau diperbandingkan, dua bahan pangan tersebut sebetulnya punya keunggulan masing-masing. Penjabarannya sebagai berikut.

Pete atau petai dulu. Tumbuhan jenis polong-polongan ini ternyata berkhasiat bisa meredakan depresi. Hal itu dikarenakan zat tryptophan pada petai mampu membuat tubuh lebih rileks, meningkatkan suasana hati dan keadaan emosi seseorang, serta membuat tubuh terasa lebih bahagia.

Petai alias pete juga mengandung vitamin B yang mampu meredakan PMS (pre menstrual syndrome). Kondisi ini biasanya kerap membuat seorang wanita cepat berubah mood dan keadaan emosinya.

"Dengan mengonsumsi petai akan membantu menstabilkan mood. Ini adalah efek triptofan. Selain itu, petai juga mengandung vitamin B, terutama vitamin B1 yang bisa mengatur kadar gula darah serta membantu memperbaiki suasana hati seseorang," demikian bunyi keterangan di laman drhealth, dikutip Minggu (26/6/2023).



Sementara jengkol ternyata bisa mencegah anemia lho. Hal itu dikarenakan jengkol kaya akan zat besi yang sangat berperan dalam mencegah dan mengatasi kekurangan produksi sel darah merah di dalam tubuh.

Manfaat lain dari jengkol yakni bisa mencegah pengeroposan tulang (osteoporosis). Sebab, ada kandungan kalsium dan fosfor di dalamnya. Keduanya merupakan zat yang sangat dibutuhkan oleh tulang.

Kesimpulannya, pete dan jengkol sama-sama memiliki manfaat kesehatan meski khasiatnya berbeda-beda. Meski jika dikonsumsi berlebih, tentu bisa menyebabkan masalah kesehatan juga.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1251 seconds (0.1#10.140)