6 Manfaat Semangka untuk Kesehatan Tanpa Harus Digoreng, Nomor Terakhir Tak Disangka

Jum'at, 30 Juni 2023 - 14:00 WIB
loading...
6 Manfaat Semangka untuk Kesehatan Tanpa Harus Digoreng, Nomor Terakhir Tak Disangka
Buah Semangka memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Foto/Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Baru-baru ini sebuah video semangka dijadikan gorengan viral di media sosial. Banyak netizen yang coba bereksperimen membuat semangka goreng.

Salah satu akun TikTok @efritaasmr membagikan cara mengolah semangka goreng. Di video itu nampak wanita bernama Efrita itu menyiapkan potongan semangka kemudian digoreng menggunakan tepung. Dari penampilannya terlihat seperti pisang goreng.

Sejak video semangka digoreng, banyak netizen yang penasaran dengan rasa dari buah tersebut setelah digoreng. Tentu saja tekstur dari semangka goreng itu sangat renyah.

Membahas semangka, sebenarnya buah ini kaya nutrisi yang bagus untuk tubuh. Di dalam 100 gram semangka mengandung 30 kalori, 0,15 gram lemak, 7,55 gram karbohidrat, dan 0,61 gram protein.



Tanpa perlu digoreng, kamu sudah bisa mendapatkan banyak manfaat di dalam semangka lho. Lantas apa saja sih manfaat buah semangka? Berikut rangkumannya sebagaimana dikutip dari dari Healthline, Jumat (30/6/2023).

Manfaat Semangka untuk Kesehatan

1. Membantu tubuh tetap terhidrasi

Di dalam buah semangka mengandung 92 air sehingga dapat membantu memenuhi kebutuhan cairan di dalam tubuh. Selain itu karena kandungan airnya yang tinggi, semangka memiliki kandungan kalori yang rendah. Tak heran bila buah ini banyak dijadikan pilihan saat diet.

2. Membantu mencegah degenerasi makula

Semangka juga mengandung senyawa likopen yang bermanfaat untuk kesehatan mata, salah satunya Degenerasi makula terkait usia (AMD) adalah masalah mata umum yang dapat menyebabkan kebutaan pada orang lanjut usia. Likopen ini juga mengandung antioksidan dan antiinflamasi yang dapat membantu mencegah dan menghambat AMD.

3. Memiliki efek antikanker

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya kalau semangka mengandung likopen dan cucurbitacin E, yang memiliki efek antikanker.

Meskipun penelitian ini belum terlalu kuat, namun asupan likopen dapat menurunkan risiko beberapa jenis kanker, seperti kanker prostat dan kolorektal.

4. Dapat mengurangi peradangan dan stres oksidatif

Kombinasi antioksidan, vitamin C, dan likopen di dalam semangka dapat membantu menurunkan peradangan dan kerusakan oksidatif.

Sebuah studi yang dilakukan selama 8 minggu dilakukan oleh 31 orang yang mengalami obesitas. Setelah mengonsumsi semangka menunjukkan adanya penurunan penanda inflamasi yang signifikan.

5. Dapat meningkatkan kesehatan jantung

Seperti diketahui, jantung merupakan penyakit mematikan di seluruh dunia. Gaya hidup salah satu menjadi faktor risiko yang menyebabkan serangan jantung.

Sebuah studi menyebut, di dalam semangka mengandung citrulline, asam amino yang dapat meningkatkan kadar oksida nitrat dalam tubuh Anda. Oksida nitrat membantu pembuluh darah Anda mengembang, yang menurunkan tekanan darah.

Selain itu, vitamin dan mineral sehat jantung lainnya dalam semangka termasuk magnesium, potasium, dan vitamin A, B6, dan C.

6. Dapat membantu kesehatan kulit

Kandungan vitamin A dan C pada buah semangka dapat membantu kesehatan kulit. Vitamin C dapat merangsang kolagen di dalam kulit sehingga kulit lebih kencang dan kenyal.

Selain itu, vitamin A dapat membantu pembentukan dan perbaikan sel kulit. Tak heran bila semangka banyak dijadikan sebagai bahan alami untuk membuat produk kecantikan.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1891 seconds (0.1#10.140)