6 Makanan Tinggi Kolesterol yang Dapat Memicu Penyakit Jantung

Sabtu, 01 Juli 2023 - 08:20 WIB
loading...
A A A

4. Coto Makassar


Coto Makassar merupakan salah satu makanan berlemak dengan daging merah. Meakanan dengan daging merah hingga jeroan sapi atau kerbau ini mampu menggoda untuk terus memakannya. Namun, bagi penderita kolesterol harus hati-hati karena dalam 100 gr daging sapi mengandung lemak total 14 gr, juga kolesterol 70 mg.

Makanan berkolesterol meningkatkan risiko penyakit jantung. Ditambah santan, yang semakin sering dipanaskan, maka jumlah lapisan minyaknya semakin tinggi, sehingga kandungan kolesterol jahatnya (LDL) semakin banyak.

5. Kulit Ayam


Kulit ayam juga merupakan salah satu makanan yang disukai banyak orang. Menu satu ini umum ditemukan di warung. Selain murah dan enak, kulit ayam memiliki 132 miligram kolesterol per 100 gram. Selain tinggi akan kolesterol dan lemak, kulit ayam seringkali juga mengandung bakteri.

6. Jeroan


Perlu diketahui, dalam satu ekor ayam mengandung kolesterol yang cukup tinggi. Contohnya, tiap ons isi jeroan pada ayam mengandung 8 gram lemak total, yang mencakup 2,7 gram asam lemak jenuh.



Lemak jenuh memiliki efek berbahaya pada kolesterol darah, yang secara negatif memengaruhi kadar kolesterol dan berkontribusi pada penyakit kardiovaskular (jantung). Jangan berlebihan dalam memakannya, dan sesekali bisa dijadikan sebagai bagian dari diet, karena jeroan sangat tinggi kolesterol.
(nug)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1440 seconds (0.1#10.140)