14 Makanan Ini Bisa Turunkan Kolesterol Tinggi secara Alami, Baik Rutin Dikonsumsi

Minggu, 02 Juli 2023 - 17:28 WIB
loading...
14 Makanan Ini Bisa Turunkan Kolesterol Tinggi secara Alami, Baik Rutin Dikonsumsi
Kolesterol tinggi menjadi masalah kesehatan yang umum di seluruh dunia. Dengan mengadopsi pola hidup sehat dan memilih makanan yang tepat, dapat membantu menurunkan kolesterol tinggi. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Kolesterol tinggi menjadi masalah kesehatan yang umum di seluruh dunia. Tingginya kadar kolesterol dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan gangguan kesehatan lain.

Dengan mengadopsi pola hidup sehat dan memilih makanan yang tepat, dapat membantu menurunkan kolesterol tinggi sekaligus meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Nah, beberapa makanan di bawah ini bisa menurunkan kolesterol secara alami.

Berikut sederet makanan yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, dikutip dari laman Health Harvard, Minggu (2/7/2023).


1. Oat

Langkah pertama yang mudah untuk menurunkan kolesterol Anda adalah makan semangkuk oatmeal atau sereal berbahan dasar oat dingin untuk sarapan pagi. Oats akan memberi Anda 1 hingga 2 gram serat larut.

2. Biji-Bijian Utuh

Seperti oat, biji-bijian utuh juga dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung, terutama melalui serat larut yang dihasilkannya.

3. Terong dan Okra

Dua jenis sayuran rendah kalori ini merupakan sumber serat larut yang baik. Namun, okra tentu sangat asing bagi orang-orang Indonesia, dan tak banyak dijumpai di sini.

4. Kacang

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa makan almond, kenari, kacang tanah, dan kacang-kacangan lain baik untuk jantung. Makan 2 ons kacang sehari bisa sedikit menurunkan Low Density Lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat sekitar 5%. Kacang memiliki nutrisi tambahan yang melindungi jantung dengan cara lain.


5. Minyak Nabati

Menggunakan minyak nabati seperti kanola, bunga matahari, safflower, dan lain-lain sebagai pengganti mentega atau mentega putih saat memasak juga membantu menurunkan LDL.

7. Apel, Anggur, Stroberi, Jeruk

Buah-buahan di atas diketahui kaya akan pektin, sejenis serat larut yang menurunkan LDL.

8. Makanan yang Diperkaya Sterol dan Stanol

Sterol dan stanol yang diekstraksi dari tumbuhan meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap kolesterol dari makanan.

Pabrik bisanya menambahkannya ke makanan mulai dari margarin dan granola hingga jus jeruk dan cokelat. Kedua zat tersebut juga tersedia sebagai suplemen. Mendapatkan 2 gram sterol atau stanol sehari dapat menurunkan kolesterol LDL sekitar 10%.


9. Kedelai

Mengonsumsi kedelai dan makanan yang terbuat dari kedelai seperti tahu dan susu, disebut-sebut sebagai cara ampuh menurunkan kolesterol.

Analisis menunjukkan bahwa efeknya lebih sederhana — mengonsumsi 25 gram protein kedelai sehari (10 ons tahu atau 2 1/2 cangkir susu kedelai) dapat menurunkan LDL sebesar 5% hingga 6%.

10. Ikan Berlemak

Makan ikan dua atau tiga kali seminggu dapat menurunkan LDL. Kandungan omega-3 ikan mengurangi trigliserida dalam aliran darah dan juga melindungi jantung dengan membantu mencegah timbulnya irama jantung yang tidak normal.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1407 seconds (0.1#10.140)