7 Manfaat Konsumsi Ikan Laut, Baik untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Senin, 03 Juli 2023 - 05:50 WIB
loading...
7 Manfaat Konsumsi Ikan Laut, Baik untuk Kesehatan Fisik dan Mental
Ikan laut dikenal sebagai makanan yang kaya gizi, protein, dan vitamin. Foto/Freepik
A A A
JAKARTA - Ikan laut dikenal sebagai makanan yang kaya gizi, protein, dan vitamin. Tak heran bila bahan makanan ini menjadi favorit banyak orang karena memiliki segudang manfaat kesehatan.

Salah satu kandungan yang paling bermanfaat dalam ikan laut adalah protein. Menurut jurnal Komposisi Gizi Ikan Terhadap Kesehatan Tubuh Manusia, kandungan protein pada ikan yang disebut asam amino berkisar tiga kali lipat dari total kebutuhan protein dalam tubuh.

Kandungan protein ikan laut juga lebih tinggi ketimbang ikan air tawar. Terdapat pula lemak tak jenuh meliputi omega 3 pada ikan air laut yang bagus untuk tubuh.


7 Manfaat Konsumsi Ikan Laut

Dari sejumlah kandungan yang telah dijelaskan, berikut ini tujuh manfaat mengonsumsi ikan laut.

1. Mendukung Pertumbuhan Janin

Dilansir dari Halo Sehat Kemenkes, kandungan omega-3 pada ikan laut sangat bermanfaat bagi ibu hamil karena zat tersebut sangat dibutuhkan bagi perkembangan otak dan mata janin. Lemak tak jenuh ini juga punya andil dalam menentukan seberapa lama masa kehamilan.

2. Bagus untuk Kesehatan Mata

Ketika seseorang semakin bertambah usia, kinerja mata akan mulai berkurang sebab terkena degenerasi makula. Hal tersebut dapat diminimalisir dengan sering mengonsumsi ikan laut, setidaknya seminggu sekali.

3. Mengatasi Depresi

Terdapat sejumlah studi yang membuktikan bahwa seseorang yang rutin mengonsumsi ikan laut akan berisiko lebih rendah terkena depresi. Hal ini disebabkan oleh kandungan omega-3 yang membantu mengatasi depresi dengan cara mengurangi peradangan di dalam otak.

4. Bagus untuk Kesehatan Otak

Fungsi otak akan mulai menurun seiring bertambahnya usia dan membuat penyakit alzheimer meningkat. Dengan mengonsumsi ikan laut seminggu sekali, kemungkinan tersebut bisa ditekan hingga lebih lambat.


5. Turunkan Risiko Penyakit Jantung dan Stroke

Omega-3 yang baik untuk jantung membuat ikan laut mampu menghindarkan seseorang dari penyakit jantung dan stroke. Omega-3 bekerja dengan cara menurunkan kadar kolesterol total dan kolesterol jahat serta meningkatkan kolesterol baik.

6. Mencegah Asma

Terdapat studi yang menunjukkan bahwa konsumsi ikan secara teratur dikaitkan dengan risiko asma 24% lebih rendah pada anak-anak. Karena itulah pencegahan penyakit asma dapat dilakukan sejak dini.

7. Meningkatkan Kualitas Tidur

Dalam sebuah penelitian terhadap 95 pria berusia paruh baya ditemukan, mengonsumsi salmon tiga kali setiap minggu membuktikan terjadinya peningkatan kualitas tidur. Para peneliti menyimpulkan hal tersebut dipengaruhi oleh kandungan vitamin D dalam salmon.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2206 seconds (0.1#10.140)