7 Manfaat Konsumsi Ikan Laut, Baik untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Senin, 03 Juli 2023 - 05:50 WIB
loading...
7 Manfaat Konsumsi Ikan...
Ikan laut dikenal sebagai makanan yang kaya gizi, protein, dan vitamin. Foto/Freepik
A A A
JAKARTA - Ikan laut dikenal sebagai makanan yang kaya gizi, protein, dan vitamin. Tak heran bila bahan makanan ini menjadi favorit banyak orang karena memiliki segudang manfaat kesehatan.

Salah satu kandungan yang paling bermanfaat dalam ikan laut adalah protein. Menurut jurnal Komposisi Gizi Ikan Terhadap Kesehatan Tubuh Manusia, kandungan protein pada ikan yang disebut asam amino berkisar tiga kali lipat dari total kebutuhan protein dalam tubuh.

Kandungan protein ikan laut juga lebih tinggi ketimbang ikan air tawar. Terdapat pula lemak tak jenuh meliputi omega 3 pada ikan air laut yang bagus untuk tubuh.

Baca Juga: 3 Jenis Ikan Laut Penurun Kolesterol

7 Manfaat Konsumsi Ikan Laut

Dari sejumlah kandungan yang telah dijelaskan, berikut ini tujuh manfaat mengonsumsi ikan laut.

1. Mendukung Pertumbuhan Janin

Dilansir dari Halo Sehat Kemenkes, kandungan omega-3 pada ikan laut sangat bermanfaat bagi ibu hamil karena zat tersebut sangat dibutuhkan bagi perkembangan otak dan mata janin. Lemak tak jenuh ini juga punya andil dalam menentukan seberapa lama masa kehamilan.

2. Bagus untuk Kesehatan Mata

Ketika seseorang semakin bertambah usia, kinerja mata akan mulai berkurang sebab terkena degenerasi makula. Hal tersebut dapat diminimalisir dengan sering mengonsumsi ikan laut, setidaknya seminggu sekali.

3. Mengatasi Depresi

Terdapat sejumlah studi yang membuktikan bahwa seseorang yang rutin mengonsumsi ikan laut akan berisiko lebih rendah terkena depresi. Hal ini disebabkan oleh kandungan omega-3 yang membantu mengatasi depresi dengan cara mengurangi peradangan di dalam otak.

4. Bagus untuk Kesehatan Otak

Fungsi otak akan mulai menurun seiring bertambahnya usia dan membuat penyakit alzheimer meningkat. Dengan mengonsumsi ikan laut seminggu sekali, kemungkinan tersebut bisa ditekan hingga lebih lambat.

Baca Juga: 7 Ikan Laut yang Mengandung Kolesterol Tinggi, Nomor 4 Kaya Asam Lemak Omega-3

5. Turunkan Risiko Penyakit Jantung dan Stroke

Omega-3 yang baik untuk jantung membuat ikan laut mampu menghindarkan seseorang dari penyakit jantung dan stroke. Omega-3 bekerja dengan cara menurunkan kadar kolesterol total dan kolesterol jahat serta meningkatkan kolesterol baik.

6. Mencegah Asma

Terdapat studi yang menunjukkan bahwa konsumsi ikan secara teratur dikaitkan dengan risiko asma 24% lebih rendah pada anak-anak. Karena itulah pencegahan penyakit asma dapat dilakukan sejak dini.

7. Meningkatkan Kualitas Tidur

Dalam sebuah penelitian terhadap 95 pria berusia paruh baya ditemukan, mengonsumsi salmon tiga kali setiap minggu membuktikan terjadinya peningkatan kualitas tidur. Para peneliti menyimpulkan hal tersebut dipengaruhi oleh kandungan vitamin D dalam salmon.
(tsa)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Lanjut Baca Berita Terkait Lainnya
Berita Terkait
Tio Pakusadewo Dirawat...
Tio Pakusadewo Dirawat Akibat Gangguan Jantung, Dewi Irawan Buka Donasi
Kaya Nutrisi, Semangka...
Kaya Nutrisi, Semangka Ternyata Berkhasiat Turunkan Risiko Penyakit Jantung
Dokter Ungkap Bahaya...
Dokter Ungkap Bahaya Kerja Shift Malam, Risiko Penyakit Jantung Meningkat
Kronologi Calvin Dores...
Kronologi Calvin Dores Alami Serangan Jantung, Sempat Ngeluh Sesak Napas
Kasus Penyakit Jantung...
Kasus Penyakit Jantung di Usia Muda Meningkat, Dokter Ungkap Penyebabnya
5 Buah Rendah Gula yang...
5 Buah Rendah Gula yang Aman untuk Diet, Tetap Manis dan Menyegarkan
Keluhkan Bongkar Muat...
Keluhkan Bongkar Muat Batu Bara di Laut, Nelayan Pulau Ampel: Jadi Susah Tangkap Ikan
Layanan Stroke Medan...
Layanan Stroke Medan Raih Pengakuan Internasional dari World Stroke Organization
Kabar Baik, RS Kardiologi...
Kabar Baik, RS Kardiologi Emirates Indonesia Solo Kini Layani Pasien BPJS Kesehatan
Rekomendasi
Unesa Buka Seleksi Jalur...
Unesa Buka Seleksi Jalur Mandiri Non Tes Rapor 2026, Simak Syaratnya
Prabowo Bakal Hadiri...
Prabowo Bakal Hadiri KTT ASEAN-Rusia di Kazan 17 Juni, Ini Kata Wamenlu
Brasil vs Maroko: Peluang...
Brasil vs Maroko: Peluang Selecao Kalahkan Singa Atlas Capai 58,6 Persen
Berita Terkini
Resmi Menikah, Jennifer...
Resmi Menikah, Jennifer Coppen Disambut Hangat Keluarga Justin Hubner
Gejala Usus Buntu yang...
Gejala Usus Buntu yang Sering Diabaikan, Dari Nyeri Perut hingga Demam Mendadak
Kenapa Memijat Pelipis...
Kenapa Memijat Pelipis dan Pundak Bisa Meredakan Sakit Kepala? Ini Kata Dokter
JSD Blok M Festival...
JSD Blok M Festival 2026 Bakal Ramaikan Jakarta dengan Fashion, Musik, dan Komunitas Kreatif
Berawal dari Mesin Arcade,...
Berawal dari Mesin Arcade, Talenta Muda Indonesia Juara Turnamen Dance Game Asia Pasifik
Tren Perawatan Kulit...
Tren Perawatan Kulit Regeneratif Makin Diminati, Teknologi DNA Ikan Trout Jadi Sorotan
Infografis
Buah Lontar Memiliki...
Buah Lontar Memiliki Manfaat yang Sangat Baik untuk Menu Diet
Copyright ©2026 SINDOnews.com All Rights Reserved