4 Alasan Tertawa Jadi Obat Terbaik, Bisa Menyehatkan Jantung

Rabu, 12 Juli 2023 - 23:55 WIB
loading...
4 Alasan Tertawa Jadi Obat Terbaik, Bisa Menyehatkan Jantung
Tertawa tak hanya hal menyenangkan, tapi juga bisa menjadi obat terbaik. Tertawa banyak manfaat kesehatan, dari menghilangkan stres hingga menyehatkan jantung. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Tertawa tak hanya hal menyenangkan, tapi juga bisa menjadi obat terbaik. Sebab, tertawa memiliki banyak manfaat kesehatan, dari menghilangkan stres hingga menyehatkan jantung.

Manfaat tertawa pun telah terbukti melalui sejumlah penelitian. Di mana studi terbaru menunjukkan bahwa tertawa dapat mengurangi hormon stres dalam darah, meningkatkan endorfin, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Penelitian juga menemukan bahwa tertawa dalam kehidupan pekerjaan dapat berkontribusi pada produktivitas. Selain itu, tertawa juga bisa memperkuat ikatan tempat kerja.

Alasan Tertawa Jadi Obat Terbaik



Berikut manfaat tertawa untuk kesehatan lainnya dilansir dari Times of India, Rabu (12/7/2023).



1. Meningkatkan Sistem Imun


Tertawa mengurangi hormon stres, meningkatkan sel kekebalan, dan antibodi melawan infeksi, dan merangsang sistem limfatik untuk menghilangkan limbah dan racun.

2. Menurunkan Stres


Tertawa melepaskan hormon penghilang stres, memberikan pelepasan fisik dan emosional, dan membuat otot rileks.

3. Menyehatkan Jantung


Tertawa meningkatkan detak jantung, kadar oksigen dan meningkatkan fungsi pembuluh darah. Manfaat lainnya adalah tertawa bisa mengurangi risiko serangan jantung.

4. Membakar Kalori


Tertawa selama 10 menit hingga 15 menit sehari membakar kalori dan mengurangi hormon stres. Hormon tersebut berkaitan dengan kenaikan berat badan.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1264 seconds (0.1#10.140)