5 Bumbu Dapur yang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes, Terbukti Manjur Turunkan Gula Darah

Minggu, 16 Juli 2023 - 17:33 WIB
loading...
5 Bumbu Dapur yang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes, Terbukti Manjur Turunkan Gula Darah
Terdapat sejumlah bumbu dapur yang bisa dikonsumsi penderita diabetes dengan aman. Foto/Freepik
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah bumbu dapur yang bisa dikonsumsi penderita diabetes dengan aman. Bukan hanya sebagai penyedap rasa, bumbu tersebut dapat membantu mengontrol gula darah dan mencegah komplikasi.

Diabetes merupakan induk dari banyak penyakit. Berawal dari diabetes, beberapa penyakit berbahaya lainnya seperti stroke hingga serangan jantung bisa datang dengan mudah.

Untuk menghindarinya, seseorang harus mempunyai gaya hidup dan pola makan yang sehat. Para penderita diabetes bisa memanfaatkan beberapa bumbu dapur untuk dikonsumsi sehari-hari.



Dilansir dari NDTV, berikut bumbu dapur yang aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.

5 Bumbu Dapur yang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes

1. Biji Fenugreek

5 Bumbu Dapur yang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes, Terbukti Manjur Turunkan Gula Darah

Foto/Freepik

Biji fenugreek merupakan salah satu bumbu dapur yang dikenal dapat menurunkan kadar gula dalam darah. Serat dari biji fenugreek yang dicerna dengan lambat dapat melepaskan gula secara bertahap ke dalam aliran darah.

Menurut suatu penelitian yang diterbitkan dalam jurnal International Journal For Vitamin and Nutrition Research, pada 10 gram biji fenugreek yang telah direndam oleh air panas bisa membantu dalam mengendalikan diabetes tipe 2.

2. Kayu Manis

Kayu manis juga termasuk bumbu dapur yang dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan mengatur kadar gula dalam darah. Sebab, rempah satu ini mengandung cinnamaldehyde yang bermanfaat bagi kesehatan dan aroma harum menenangkan dari kayu manis.

Berdasarkan laporan penelitian, mengonsumsi hingga 6 gram kayu manis setiap hari selama 40 hari telah terbukti membantu membatasi lonjakan gula darah.

Cara mengonsumsinya pun sangat mudah, taburkan saja bubuk kayu manis dalam smoothie, oatmeal dan pancake atau bisa juga dengan menambahkan batang kayu utuh ke masakan berkuah seperti sup.

3. Kunyit

Bumbu dapur selanjutnya yaitu kunyit. Kunyit terkenal memiliki zat antioksidan tinggi untuk melawan penyakit dan infeksi. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan pada 2013 menunjukkan bahwa kandungan kurkumin dalam kunyit bisa menurunkan glukosa dalam darah dan mengatasi gejala diabetes lain.

Selain pada masakan, penderita diabetes juga bisa mencampurkan kunyit ke dalam minuman. Salah satunya dengan meminum susu kunyit sebagai cara alternatif untuk mengonsumsi jenis bumbu yang satu ini.


4. Cengkeh

Cengkeh merupakan sebuah bumbu dapur yang bisa meningkatkan produksi insulin. Selain itu, cengkeh juga bermanfaat sebagai antiseptik, antiinflamasi, dan baik untuk pencernaan si penderita diabetes.

5. Jahe

Sebagai perasa yang panas dan pedas, mengonsumsi jahe ternyata dapat membantu homeostasis glukosa darah. Dalam satu studi yang diterbitkan dalam Journal of Ethnic Foods, disebutkan kalau jahe bisa mengurangi kadar glukosa serum pada penderita diabetes tipe-2.

Selain pada makanan, konsumsi jahe juga bisa dengan cara diminum, yakni dijadikan air jahe maupun dicampurkan dengan segelas teh hangat. Cara tersebut aman dikonsumsi penderita diabetes.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2205 seconds (0.1#10.140)