Cara Menurunkan Gula Darah Tinggi dengan Jalan Kaki 5 Menit, Baik untuk Penderita Diabetes

Kamis, 20 Juli 2023 - 17:10 WIB
loading...
Cara Menurunkan Gula Darah Tinggi dengan Jalan Kaki 5 Menit, Baik untuk Penderita Diabetes
Cara menurunkan gula darah tinggi bisa dilakukan dengan jalan kaki 5 menit secara rutin. Cara ini baik untuk penderita diabetes mengontrol kadar gula darah. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Cara menurunkan gula darah tinggi bisa dilakukan dengan jalan kaki selama 5 menit secara rutin. Cara ini terbukti baik untuk penderita diabetes yang sedang berjuang mengontrol kadar gula darah dalam tubuh.

Temuan ini menunjukkan bahwa jalan kaki lima menit setiap setengah jam memiliki kekuatan untuk menurunkan kadar gula darah dan tekanan darah tinggi dalam jumlah yang signifikan. Yaitu sebesar 60 persen, dibandingkan dengan duduk sepanjang hari.

Dalam penelitian yang dilakukan di Amerika ini, ke-11 peserta diinstruksikan untuk duduk dalam posisi ergonomis selama 8 jam, dan berjalan-jalan secara teratur. Mereka juga diminta untuk berjalan selama 1 menit setiap 30 menit duduk.

Selain itu, peserta harus berjalan 1 menit setelah 60 menit, berjalan 5 menit setiap 30 menit, berjalan 5 menit setiap 60 menit dan tidak berjalan sama sekali. Setelah selesai, terungkap bahwa jumlah gerakan optimal adalah berjalan kaki 5 menit setiap 30 menit.



Dilansir dari Express, Kamis (20/7/2023) sama seperti berjalan setiap 30 menit selama 1 menit memberikan manfaat sederhana untuk gula darah sepanjang hari. Sebaliknya, berjalan setiap 60 menit selama 5 menit tidak memberikan dampak positif.

Secara keseluruhan, berjalan memiliki dampak positif pada tekanan darah yang dapat dicapai dengan memperkuat kesehatan. Bahkan, studi ini menunjukkan penurunan tekanan darah sekitar empat sampai lima mmHg pada peserta yang berjalan, dibandingkan dengan duduk sepanjang hari.

“Ini adalah penurunan yang cukup besar, sebanding dengan pengurangan yang Anda harapkan dari berolahraga setiap hari selama 6 bulan,” kata Profesor Keith Diaz dari Vagelos College of Physicians and Surgeons Universitas Columbia yang memimpin penelitian tersebut.

“Meskipun kedengarannya tidak praktis, temuan kami menunjukkan bahwa berjalan kaki dalam jumlah sedikit pun dapat secara signifikan menurunkan risiko penyakit jantung dan penyakit kronis lainnya,” lanjutnya.



Studi ini menambah banyak bukti yang menyoroti manfaat berjalan kaki untuk kesehatan jantung. Namun, hitungan langkah apa yang membantu orang mencapai hasil kesehatan yang lebih baik, secara konsisten dipertanyakan.

Berdasarkan bukti yang ada, tampaknya orang harus mencapai antara 7 ribu dan 10 ribu langkah setiap hari. Konsensus umum adalah bahwa tidak ada angka yang optimal, dan konsistensi adalah kunci untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Sama halnya gerakan teratur sangat penting untuk menangkal risiko kesehatan dari duduk dalam waktu lama.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2251 seconds (0.1#10.140)