Ini Makanan yang Menurunkan Gula Darah dalam Hitungan Menit

Selasa, 25 Juli 2023 - 07:00 WIB
loading...
Ini Makanan yang Menurunkan...
Makanan yang menurunkan gula darah bisa menjadi alternatif penderita diabetes. Makanan ini bekerja menurunkan gula darah tinggi dalam hitungan menit. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Makanan yang menurunkan gula darah bisa menjadi alternatif penderita diabetes yang sedang berjuang mengontrol glukosa. Menurut penelitian, makanan ini bekerja menurunkan gula darah tinggi dalam hitungan menit.

Penelitian menunjukkan cokelat bisa menjadi makanan yang menurunkan gula darah . Sementara sebagian besar cokelat biasanya dikemas dengan gula, ada pengecualian untuk jenis tertentu.

Menurut penelitian dalam jurnal Nutrition and Metabolic Insights, makanan tertentu bisa ampuh dalam menurunkan kadar gula darah tinggi. Penelitian ini menjelaskan bahwa gula darah tinggi postprandial terkait dengan komplikasi pada pasien diabetes tipe 1 dan tipe 2.

Dilansir dari Express, Selasa (25/7/2023) penelitian ini mencari tahu bagaimana cokelat hitam bebas gula akan berdampak pada kadar gula darah postprandial. Dibandingkan dengan cokelat hitam biasa, jenis yang digunakan dalam penelitian ini dimaniskan dengan stevia, eritritol, dan inulin.

Baca Juga: 6 Makanan yang Menurunkan Gula Darah dalam 2 Minggu, Tinggi Serat

Melibatkan 13 peserta, para peneliti menginstruksikan untuk mengonsumsi 34 gram cokelat hitam bebas gula atau 34 gram cokelat hitam konvensional. Kemudian, tim peneliti mengukur kadar gula darah mereka 120 menit setelah dikonsumsi.

Studi ini menemukan bahwa makanan bebas gula menyebabkan glukosa darah lebih rendah dibandingkan dengan cokelat hitam konvensional selama ini. Sementara penelitian ini tampak menjanjikan, para peneliti menambahkan bahwa efek jangka panjang pada kontrol gula darah tetap harus ditentukan.

Alasan lain mengapa cokelat hitam bisa bermanfaat bagi mereka yang menderita diabetes adalah kandungan magnesiumnya yang tinggi. Kadar gula darah tinggi serta diabetes telah dikaitkan dengan defisiensi mikronutrien, termasuk kekurangan magnesium.

Selanjutnya, magnesium juga telah terbukti menurunkan kadar gula darah dan bahkan mengurangi risiko diabetes. Studi yang diterbitkan dalam Journal of Community Hospital Internal Medicine Perspectives, juga menunjukkan bahwa cokelat hitam dapat membantu mencegah diabetes tipe 2.

Baca Juga: 5 Olahraga Penurun Gula Darah, Nomor 3 Paling Ringan

“Secara keseluruhan, bukti dari penelitian ini menunjukkan bahwa kakao berguna dalam memperlambat perkembangan menjadi diabetes tipe 2 dan memperbaiki resistensi insulin pada sindrom metabolik,” jelas penelitian tersebut.

"Ada mekanisme yang masuk akal untuk efek antioksidan polifenol kakao untuk secara langsung mempengaruhi resistensi insulin dan, pada gilirannya, mengurangi risiko diabetes,” tandasnya.
(dra)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Lanjut Baca Berita Terkait Lainnya
Berita Terkait
Dokter Ungkap Bahaya...
Dokter Ungkap Bahaya Sering Melewatkan Sarapan, Risiko Diabetes Bisa Meningkat
Kebiasaan Duduk Lama...
Kebiasaan Duduk Lama Bisa Sebabkan Diabetes, Ini Penjelasan Dokter!
Penderita Diabetes Sebaiknya...
Penderita Diabetes Sebaiknya Hindari Konsumsi Semangka, Ini Alasannya!
Jangan Salah, Gula dari...
Jangan Salah, Gula dari Buah Juga Bisa Memicu Diabetes Semakin Parah
Budi Gunadi Sadikin...
Budi Gunadi Sadikin Ungkap Bahaya Boba: 1 Porsi Setara 150 Kalori dan 10 Gram Gula
5 Kebiasaan Pemicu Diabetes...
5 Kebiasaan Pemicu Diabetes pada Anak Muda, Nomor 4 Sering Tak Disadari
MNC Peduli dan Park...
MNC Peduli dan Park Hyatt Jakarta Gelar Aksi Food Rescue untuk Warga Duri Kepa
Gastronomi Molekuler...
Gastronomi Molekuler Ungkap Cara Menjaga Laut Lewat Pilihan Seafood
Peneliti Universitas...
Peneliti Universitas Jember Buktikan Tanaman Liar Kalimantan Efektif Turunkan Gula Darah
Rekomendasi
Dorong Penguatan Pendidikan...
Dorong Penguatan Pendidikan Vokasi Ganda, Endress+Hauser Gelar Education Forum 2026
PKB Jabar Fest, Gus...
PKB Jabar Fest, Gus Muhaimin: Kita Tak Butuh Pemimpin Pencitraan
Jerman Unggul atas Curacao...
Jerman Unggul atas Curacao 3-1 di Babak Pertama, Tim Debutan Sempat Bikin Kejutan
Berita Terkini
Audisi Miss Indonesia...
Audisi Miss Indonesia 2026 Yogyakarta Disambut Antusias, Jakarta Jadi Kota Terakhir Seleksi
Berawal dari HP Kentang,...
Berawal dari HP Kentang, Adang Haedaroh Sukses Jadi Kreator Gaming dengan 61 Ribu Followers
Audisi Miss Indonesia...
Audisi Miss Indonesia 2026 Yogyakarta Makin Ketat, Ini Kriteria yang Dicari Para Juri
Audisi Miss Indonesia...
Audisi Miss Indonesia 2026 Yogyakarta Hari Kedua Diserbu Talenta Muda Berprestasi
Limbad Jenguk Haji Bolot...
Limbad Jenguk Haji Bolot di Rumah Sakit, Doakan Sang Komedian Cepat Sembuh
Ruben Onsu Unggah Video...
Ruben Onsu Unggah Video Giorgio Ngopi di Rumah Sarwendah, Captionnya Bikin Heboh
Infografis
5 Buah Rendah Gula yang...
5 Buah Rendah Gula yang Aman untuk Diet, Tetap Manis dan Menyegarkan
Copyright ©2026 SINDOnews.com All Rights Reserved