Makanan yang Menurunkan Gula Darah dalam Beberapa Menit setelah Dikonsumsi

Kamis, 27 Juli 2023 - 05:00 WIB
loading...
Makanan yang Menurunkan...
Makanan yang menurunkan gula darah dalam beberapa menit setelah dikonsumsi bisa menjadi alternatif penderita diabetes melawan lonjakan gula darah. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Makanan yang menurunkan gula darah dalam beberapa menit setelah dikonsumsi bisa menjadi alternatif penderita diabetes melawan lonjakan gula darah yang disebabkan oleh makan. Penelitian menunjukkan makan kangkung adalah pengganti insulin yang kuat.

Dilansir dari Express, Kamis (27/7/2023) The American Diabetes Association mengatakan sayuran berdaun hijau, termasuk kangkung, sebagai makanan superstar yang bisa menurunkan gula darah pada penderita diabetes .

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Biomedical Reports meneliti dosis efektif makanan yang mengandung kangkung. Uji coba dilakukan pada 42 orang Jepang berusia 21 hingga 64 tahun dengan kadar gula darah lebih tinggi dari rata-rata.

Mereka mengonsumsi plasebo atau makanan yang mengandung kangkung bersamaan dengan makanan tinggi karbohidrat. Karbohidrat dengan cepat dipecah menjadi gula darah, yang menyebabkan kadarnya melonjak tak lama setelah memakannya.

Baca Juga: Ini Makanan yang Menurunkan Gula Darah dalam Hitungan Menit

Para peneliti berusaha menyelidiki apakah konsumsi kangkung dapat melawan efek yang tidak diinginkan ini pada kadar gula darah. Pada 30 hingga 120 menit setelah asupan makanan uji, kadar gula darah rata-rata ditentukan.

Hasilnya, rata-rata kadar gula darah setelah makan secara signifikan lebih rendah pada kelompok kangkung dibandingkan kelompok plasebo. Temuan ini menunjukkan bahwa kangkung menekan peningkatan kadar glukosa plasma postprandial pada dosis tunggal 7 g, dan dosis setinggi 14 g.

Meski para peneliti tidak memberikan penjelasan, kangkung rendah kalori dan karbohidrat. Ini penting karena kalori meningkatkan berat badan yang dapat menghambat produksi insulin.

“Obesitas juga diduga memicu perubahan pada metabolisme tubuh. Perubahan tersebut menyebabkan jaringan lemak (jaringan adiposa) melepaskan molekul lemak ke dalam darah, yang dapat memengaruhi sel yang responsif terhadap insulin dan berujung pada berkurangnya sensitivitas insulin,” jelas Diabetes.co.uk.

Baca Juga: 6 Makanan yang Menurunkan Gula Darah dalam 2 Minggu, Tinggi Serat

Makanan dengan kandungan karbohidrat rendah harus memperlambat laju kenaikan kadar gula darah. Banyak dari makanan ini berperingkat lebih rendah pada indeks glikemik (GI).

Ini menunjukkan seberapa cepat setiap makanan memengaruhi kadar gula darah Anda saat makanan itu dimakan sendiri.
(dra)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Lanjut Baca Berita Terkait Lainnya
Berita Terkait
Kebiasaan Duduk Lama...
Kebiasaan Duduk Lama Bisa Sebabkan Diabetes, Ini Penjelasan Dokter!
Penderita Diabetes Sebaiknya...
Penderita Diabetes Sebaiknya Hindari Konsumsi Semangka, Ini Alasannya!
Jangan Salah, Gula dari...
Jangan Salah, Gula dari Buah Juga Bisa Memicu Diabetes Semakin Parah
Budi Gunadi Sadikin...
Budi Gunadi Sadikin Ungkap Bahaya Boba: 1 Porsi Setara 150 Kalori dan 10 Gram Gula
5 Kebiasaan Pemicu Diabetes...
5 Kebiasaan Pemicu Diabetes pada Anak Muda, Nomor 4 Sering Tak Disadari
Apel vs Jeruk: Mana...
Apel vs Jeruk: Mana yang Lebih Aman untuk Gula Darah?
Peneliti Universitas...
Peneliti Universitas Jember Buktikan Tanaman Liar Kalimantan Efektif Turunkan Gula Darah
Inovasi Terbaru Novo...
Inovasi Terbaru Novo Nordisk untuk Diabetes Tipe 2 Disetujui FDA AS
Bukti Klinis Tunjukkan...
Bukti Klinis Tunjukkan mGanik Metafiber Efektif Tekan Gula Darah Postprandial 34 Persen
Rekomendasi
DPRD Kota Tangerang...
DPRD Kota Tangerang Matangkan Raperda Penyelenggaraan Transportasi
PKS Sebut Sinergi Pemerintah,...
PKS Sebut Sinergi Pemerintah, Dunia Usaha, hingga Masyarakat Kunci Jaga Stabilitas
BMKG Ungkap Daftar Wilayah...
BMKG Ungkap Daftar Wilayah yang Bakal Alami Kemarau Panjang
Berita Terkini
Dibully Sampai Hidupnya...
Dibully Sampai Hidupnya Hancur, Ini Balas Dendam Anna di Microdrama V+Short She Was Never Gone
Nakei Tampilkan Pendewasaan...
Nakei Tampilkan Pendewasaan Musik Lewat Single Kedua 'Setengah Hadir'
Samuel Cipta Hadirkan...
Samuel Cipta Hadirkan Makna Cinta Lewat Single Terbaru Jagat Rasa
Bukan Skill Game-nya,...
Bukan Skill Game-nya, Ini yang Membuat Konten Refa Ardhi Disukai Banyak Orang
Program Loyalitas Jadi...
Program Loyalitas Jadi Strategi Pusat Belanja Menjaga Kedekatan dengan Pengunjung
Kesuksesan Refa Ardhi...
Kesuksesan Refa Ardhi di Dunia Digital Ternyata Dibangun dari Hal Sederhana Ini
Infografis
Apakah Minum Air Kelapa...
Apakah Minum Air Kelapa Bisa Menurunkan Gula Darah?
Copyright ©2026 SINDOnews.com All Rights Reserved