5 Vitamin Penurun Gula Darah Tinggi, Bantu Cegah Komplikasi Penyakit

Rabu, 26 Juli 2023 - 16:16 WIB
loading...
A A A
Selain itu, vitamin C juga memiliki peran dalam meningkatkan toleransi gula darah. Jadi, vitamin C termasuk salah satu suplemen mineral dan vitamin untuk penderita diabetes.

2. Vitamin B1

Tak hanya vitamin C, sebagian besar orang yang menderita diabetes mengalami kekurangan tiamin yang terkandung pada vitamin B1.

Pasalnya, kekurangan tiamin dapat berkontribusi terhadap beberapa komplikasi diabetes. Menurunnya tiamin dalam tubuh kerap juga dikaitkan dengan penyakit jantung dan kerusakan pembuluh darah. Bahkan, beberapa penelitian membuktikan bahwa zat tambahan dalam vitamin B1, benfotiamine, dapat mencegah komplikasi diabetes.

Baca Juga: 6 Sayuran Penurun Gula Darah, Nomor 5 Rendah Karbohidrat

3. Vitamin D

Tak hanya memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan, vitamin D yang diproduksi oleh tubuh dalam menanggapi paparan sinar matahari juga mampu membantu meningkatkan sensitivitas insulin, yang sangat penting untuk regulasi glukosa darah.

4. Vitamin B6

B6 merupakan salah satu vitamin yang juga direkomendasikan untuk penderita diabet. Pasalnya, pada gejala gula darah tinggi, sistem saraf bisa rusak atau biasa disebut dengan neuropati.

Kondisi ini disebabkan oleh kekurangan vitamin B6, atau yang biasa disebut piridoksin. Vitamin B6 dipercaya bisa meningkatkan toleransi gula darah, khususnya pada penderita diabetes gestasional.

5. Vitamin E

Tak hanya bagus untuk kesehatan kulit, vitamin E ternyata juga bisa meningkatkan oksigen di darah, melawan zat racun, dan meningkatkan aktivitas insulin di dalam tubuh. Ketika tubuh kekurangan vitamin E, struktur internal bisa rusak akibat radikal bebas.

Risiko diabetes tipe 2 juga bisa diminimalisir dengan meningkatkan asupan vitamin E di dalam aliran darah. Sedangkan pada penderita diabetes tipe 2 bisa meningkatkan toleransi gula darah.
(tsa)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Lanjut Baca Berita Terkait Lainnya
Berita Terkait
Dokter Ungkap Bahaya...
Dokter Ungkap Bahaya Sering Melewatkan Sarapan, Risiko Diabetes Bisa Meningkat
Kebiasaan Duduk Lama...
Kebiasaan Duduk Lama Bisa Sebabkan Diabetes, Ini Penjelasan Dokter!
Penderita Diabetes Sebaiknya...
Penderita Diabetes Sebaiknya Hindari Konsumsi Semangka, Ini Alasannya!
Jangan Salah, Gula dari...
Jangan Salah, Gula dari Buah Juga Bisa Memicu Diabetes Semakin Parah
Budi Gunadi Sadikin...
Budi Gunadi Sadikin Ungkap Bahaya Boba: 1 Porsi Setara 150 Kalori dan 10 Gram Gula
5 Kebiasaan Pemicu Diabetes...
5 Kebiasaan Pemicu Diabetes pada Anak Muda, Nomor 4 Sering Tak Disadari
Peneliti Universitas...
Peneliti Universitas Jember Buktikan Tanaman Liar Kalimantan Efektif Turunkan Gula Darah
Inovasi Terbaru Novo...
Inovasi Terbaru Novo Nordisk untuk Diabetes Tipe 2 Disetujui FDA AS
Bukti Klinis Tunjukkan...
Bukti Klinis Tunjukkan mGanik Metafiber Efektif Tekan Gula Darah Postprandial 34 Persen
Rekomendasi
Kecerdasan Buatan Sedang...
Kecerdasan Buatan Sedang Mengubah Lanskap Keamanan Siber
4.480 Calon Mahasiswa...
4.480 Calon Mahasiswa Diterima di UM UGM CBT 2026, Kedokteran Paling Ketat
Berbekal PROPER Hijau,...
Berbekal PROPER Hijau, Langkah Nyata Transformasi Ekologis Diperkuat di Sulawesi Tenggara
Berita Terkini
Kasus Erin Berbalik...
Kasus Erin Berbalik Arah? Bukti Psikologis Nur Disebut Untungkan Herawati
Tak Hanya Ganggu Mental,...
Tak Hanya Ganggu Mental, Sering Marah-marah Bisa Melemahkan Daya Tahan Tubuh
Babak Baru Kasus Erin...
Babak Baru Kasus Erin Wartia, Pelapor Serahkan Dokumen LPSK ke Penyidik
Pesona China yang Berbeda:...
Pesona China yang Berbeda: Eksplor Keunikan Infrastruktur Chongqing dan Alam Zhangjiajie
Cut Meyriska Syok Hanania...
Cut Meyriska Syok Hanania Travel Bermasalah, Padahal Sudah Kantongi Akreditasi dan Rekor MURI
Desainer Indonesia Ditantang...
Desainer Indonesia Ditantang Jadi Agen Perubahan, Tak Lagi Sekadar Estetika
Infografis
Makan Daging Kambing...
Makan Daging Kambing Menyebabkan Darah Tinggi, Mitos Atau Fakta?
Copyright ©2026 SINDOnews.com All Rights Reserved