5 Manfaat Puasa Bagi Penderita Diabetes, Ampuh Turunkan Tekanan Darah dan Kolesterol

Sabtu, 29 Juli 2023 - 20:10 WIB
loading...
A A A


3. Mengontrol Diabetes


Diabetes merupakan salah satu faktor risiko tekanan darah tinggi, karena kadar gula darah yang tinggi dapat merusak pembuluh darah dan menyebabkan peningkatan tekanan darah. Puasa dapat membantu menjaga keseimbangan antara hormon insulin dan gula darah.

Selain itu, puasa juga dapat membantu menurunkan berat badan. Ini merupakan salah satu cara untuk mengendalikan diabetes.

4. Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh


Saat puasa, tubuh secara otomatis akan menerapkan sistem hemat energi. Sistem tersebut bisa bermanfaat lantaran tubuh akan terus mendaur sel imun yang tidak diperlukan oleh tubuh.

Namun, puasa juga memiliki risiko bagi orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh lemah, seperti anak-anak, lansia, atau orang yang sedang sakit. Puasa dapat menyebabkan dehidrasi, ketidakseimbangan gula darah, atau kekurangan nutrisi jika tidak dilakukan dengan benar.



5. Menjaga Kesehatan Organ Tubuh


Pada dasarnya, tubuh akan menyimpan cadangan glukosa atau gula darah. Simpanan glukosa dalam hati sendiri membutuhkan waktu cukup lama, yaitu 12 jam untuk siap digunakan.

Jika seorang penderita diabetes berhenti makan dalam jangka waktu yang cukup panjang, maka tubuh akan membakar cadangan lemak sebagai pengganti glikogen. Proses pembakaran lemak tersebut dapat mengistirahatkan kerja hati dan pankreas.
(dra)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7315 seconds (0.1#10.140)
pixels